Liga Europa: Valencia Menang Tandang, Sevilla-Betis Tertahan Imbang

Ditulis 21 Feb 2014 - 10:19 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
129
Dalam Tag

Valencia vs Dynamo Kiev

BanyumasNews.com – Tak ada klub Spanyol yang kalah pada leg pertama Babak 32 Besar Liga Europa. Namun, satu-satunya hasil positif diperoleh Valencia yang menang 2-0 di kandang Dynamo Kiev. Sementara Sevilla dan Real Betis tertahan imbang.

Dynamo Kiev harus memainkan laga kandanganya di Nicosia, ibu kota Siprus, setelah UEFA tak memberikan ijin pertandingan digelar di Ukraina yang sedang bergejolak. Hal ini menjadi kerugian bagi Dynamo, terlebih hasil akhir kemudian tak memihak mereka.

Laga ini seharusnya menjadi ajang pembuktian kiper Olexandr Rybka yang baru memainkan laga kompetitifnya setelah dua tahun lebih tak bermain. Rybka yang masuk menggantikan Olexandr Shovkovskiy di menit ke-54 sukses mementahkan peluang emas Valencia. Namun kekokohan Rybka terhenti di menit ke-79.

Adalah Eduardo Vargas–pemain yang baru direkrut Valencia Januari lalu–yang sukses menaklukkan Rybka. Masuk sebagai pengganti Paco Alcacer di menit ke-60, sundulan kepala Vargas memanfaatkan sepak pojok Daniel Parejo tak mampu diselamatkan Rybka.

Valencia menggandakan keunggulan di masa injury time. Lagi-lagi pemain pengganti yang membuat gol. Sofiane Feghouli yang menjadi substitute Míchel di menit ke-67 memantulkan bola sehingga mengecoh Rybka. Skor 0-2 untuk keunggulan Valencia bertahan hingga pertandingan berakhir.

Hasil ini sangat menguntungkan Valencia. Di leg kedua nanti Diego Alvez cs. tetap akan lolos asalkan tidak kalah dengan selisih gol lebih dari dua.

Sevilla-Betis Seri
Hasil tak kalah baik diperoleh Sevilla yang mendapatkan dua gol tandang saat mendatangi markas klub Slovenia, Maribor. Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Ljudski vrt, Jumat (21/2) dini hari WIB, Ivan Rakiti? cs. sukses menahan imbang tuan rumah 2-2.

Tuan rumah lebih dulu unggul melalui Tavares di menit ke-33. Namun Sevilla bangkit dan berbalik unggul 2-1 melalui gol Kevin Gameiro (47′) dan Federico Fazio (72′). Maribor beruntung bisa menyamakan skor di menit ke-81 setelah Dare Vrši? berhasil menaklukkan Javier Varas.

Hasil imbang juga diperoleh Real Betis yang menjamu Rubin Kazan. Skor 1-1 menjadi kerugian bagi tuan rumah karena Dídac Vilà sempat mencetak gol cepat di menit ke-3. Rubin harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-29 setelah Aleksandr Prudnikov mendapat kartu kuning kedua.

Alih-alih mengamankan kemenangan, Betis justru kecolongan di babak kedua. Kesalahan lini belakang membuat Rubin mendapat hadiah penalti di menit ke-74. Roman Eremenko yang jadi eksekutor tak mau membuang kesempatan untuk membuat skor imbang 1-1.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response