Hasil Pertandingan LSI 2014: Jamu Persiba, Persipura Menang Kontroversial

Ditulis 20 Feb 2014 - 20:22 oleh Eko Nurhuda
|

Persipura vs Persiba

Jacksen Tiago meminta maaf kepada Jaya Hartono usai pertandingan Persipura vs Persiba.

JAYAPURA (BanyumasNews.com) – Persipura Jayapura melanjutkan tren positifnya dengan memenangkan laga kandang melawan Persiba Balikpapan di Stadion Mandala, Jayapura, Kamis (20/2) siang WIT. Sayang, kemenangan ini berbau kontroversi karena wasit memberikan penalti pada tuan rumah setelah “menduga” pemain Persiba melakukan handball.

Disebut menduga karena dalam tayangan ulang terlihat bola yang disangka wasit mengenai tangan Arifki Eka Putra ternyata mengenai paha dan pinggul. Posisi tangan Arifki sendiri pasif saat bola datang ke arahnya.

Apa boleh buat, wasit sudah terlanjut menunjuk titik putih. Protes keras dari kubu Persiba tak digubris. Ian Louis Kabes yang dipercaya sebagai algojo sukses menunaikan tugasnya. Menit ke-93, Persipura unggul 1-0 lewat titik putih. Persiba pun seolah hanya menunggu peluit tanda sahnya kekalahan mereka di Bumi Cenderawasih sore itu.

Di luar kontroversi penalti di masa injury time tersebut, wasit juga beberapa kali mengeluarkan keputusan yang debatable sehingga menimbulkan ketegangan antar pemain kedua kesebelasan. Di antaranya tekel mengerikan dari Pierre Bio Paulin serta aksi bek Persipura Dominggus Fakdawer yang memukul wajah Fernando Soler. Fakdawer seharusnya mendapat hukuman lebih keras dari kartu kuning.

Menariknya, usai pertandingan pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago secara terbuka meminta maaf kepada manajemen Persiba Balikpapan atas insiden yang terjadi di laga tersebut.

“Saya akui bahwa coach Jaya (Hartono) kecewa dengan penalti yang diberikan kepada kami. Saya juga tidak tahu apakah itu pelanggaran atau tidak, namun saya akan melihat hasil rekamannya nanti. Untuk itu, sebelumnya saya minta maaf kepada seluruh manajemen Persiba dan Tim Persiba atas hasil sore ini,” ujar Jacksen dalam konferensi pers seperti dikutip situs resmi Liga Indonesia.

Jacksen juga menyesalkan buruknya permainan tim asuhannya sore itu.

“Saya kecewa dengan penampilan anak-anak hari ini. Pertandingan kali ini adalah pertandingan yang sangat buruk. Persipura tidak bermain sebagai sebuah tim yang utuh. Saya tidak bangga dengan kemenangan ini,” ujarnya.

Dengan kemenangan ini Persipura semakin kokoh di puncak klasemen Wilayah Timur dengan koleksi 9 poin, sementara Persiba tertahan di peringkat 10 setelah hanya mengumpulkan dua poin.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response