Tak Dapat Izin, Laga Persib vs Persija Bakal Pindah ke Kuningan

Ditulis 20 Feb 2014 - 20:04 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
145
Dalam Tag
Persija vs Persib

Pertandingan Persija Jakarta vs Persib Bandung di ISL musim lalu.

BANDUNG (BanyumasNews.com) – Kepolisian Daerah Provinsi Jawa Barat tak mengeluarkan izin bagi pertandingan Liga Super Indonesia antara Persib Bandung dan Persija Jakarta. Laga ini sendiri rencananya bakal digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu (22/2).

Tak turunnya izin dari kepolisian menyusul kasus ricuh yang melibatkan sejumlah suporter tak dikenal dengan Jakmania di laga Pelita Bandung Raya vs Persija belum lama ini. Oknum suporter tak dikenal tersebut melakukan sweeping dan merusah sejumlah kendaraan di area stadion.

Polisi tak mau kecolongan, terlebih antara bobotoh/Viking dan Jakmania masih terdapat bara dendam. Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes. Pol. Martinus Sitompul menegaskan ada empat alasan yang menyebabkan kepolisian tak mengeluarkan perijinan.

Keempat alasan tersebut yaitu masih belum harmonisnya hubungan antara suporter Persib dan Perisja sampai saat ini, lalu terjadinya bentrokan antara suporter Persija dengan oknum suporter di laga kandang PBR beberapa waktu lalu, serta jadwal pertandingan yang berlangsung di akhir pekan.

“Wisatawan ke Bandung cukup banyak dari Jakarta. Ini menjadi alasan kami, dimana sempat terjadi perusakan kendaraan Jakarta. Selain itu alasan keempat adalah masih adanya dendam suporter, saat pemain bus Persib mendapat perusakan di jakarta musim lalu,” beber Kombes Martinus seperti dikutip situs resmi Persib.

Jakmania Ngotot Hadir
Situasi tambah runyam dengan niat fan Persija yang ingin menyaksikan langsung pertandingan timnya di mana pun dimainkan, termasuk di Bandung. Ketua Umum The Jakmania Larico Ranggamone bahkan mengatakan sudah ada 3781 orang yang siap mengikuti tur tandang Macan Kemayoran.

“Di manapun mainnya, kami akan hadir dengan 5000 anggota. Sejauh ini, yang sudah terdaftar yakni sebanyak 3781 anggota. Tidak hanya yang berasal dari Jabodetabek, melainkan dari wilayah-wilayah sekitar bandung seperti Cirebon dan lain-lainnya,” demikian ujar Larico Ranggamone.

Larico bersikukuh hadir karena di manual liga terdapat ketentuan bahwa suporter tim tamu berhak mendapat jatah tiket sebanyak 5% dari kapasitas stadion. Namun Larico nampaknya tidak menyadari bahwa apa yang tertuang di manual liga adalah dengan asumsi kondisi pertandingan normal. Dan, tentu saja, setelah mendapatkan ijin polisi.

Untuk menengahi hal ini, ada wacana laga bakal dipindah ke Stadion Wisnu Saputra, Kuningan.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response