PDIP Ajukan PAW Tasdi

Ditulis 19 Feb 2014 - 17:41 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
99
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rabu (19/2) sore menyerahkan berkas pergantian antarwaktu (PAW) untuk anggota legislatif di DPRD, Tasdi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Purbalingga. Tasdi saat ini menjabat Ketua DPRD dan direkomendasi oleh partai untuk mengisi jabatan wakil bupati yang kosong.

Sekretaris DPC PDIP Purbalingga, HM Ichwan mengatakan, pihaknya bergerak cepat menyerahkan berkas PAW tersebut mengingat batas waktu yang sangat mepet.

Adapun syarat pengajuan PAW maksimal enam bulan terhitung tanggal sebelum selesainya masa jabatan anggota dewan. Adapun untuk anggota dewan, masa akhir jabatan pada 19 Agustus mendatang. Jadi jika dikalkulasi, maksimal berkas PAW harus masuk ke KPU kemarin. “Berkas sudah jadi semua, kita ajukan ke KPU sore ini. Artinya hari ini masuk,” katanya.

Adapun pengganti Tasdi yang diajukan adalah Ratman. Yang bersangkutan sebelumnya meraih suara terbanyak dalam Pemilu 2009 di bawah Tasdi.

Seperti diketahui, Tasdi yang menjabat Ketua DPRD Purbalingga serta Ketua DPC PDIP Purbalingga merupakan salah satu nama yang direkomendasi menjadi calon wakil bupati Purbalingga bersama Ambar Budi Yuwono, Bendahara DPC PDIP Purbalingga.

Karena statusnya masih sebagai anggota dewan, sesuai aturan, maka Tasdi diharuskan mengundurkan diri dari jabatannya sekarang.

Sementara itu, Ketua KPU Purbalingga, Sri Wahyuni mengatakan, sebagai penyelenggara pemilu, secara prosedural berkewajiban melayani dan akan segera memproses PAW tersebut.

Sri Wahyuni menjelaskan, proses PAW meliputi adanya pengajuan surat pengunduran diri dari yang bersangkutan, lalu partai mengajukan kader dengan suara terbanyak di bawah yang bersangkutan. Calon tersebut harus mendapat persetujuan dari DPP partai tersebut. Lalu dewan mengajukan nama tersebut ke KPU.

“Baru dari KPU menerbitkan surat pernyataan yang bersangkutan ke dewan. Setelah itu dia dilantik oleh dewan,” katanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response