Ratusan Warga ikuti arak arakan Grebeg Suran di Baturaden

Ditulis 20 Des 2009 - 10:24 oleh Banyumas1

grebeg_suran_baturaden

BANYUMAS-Ribuan warga di Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas, yang tinggal di kawasan kaki  Gunung Slamet, mengggelar ritual Grebeg Suran, Minggu (21/12) pagi. Ritual digelar sebagai perwujudan rasa syukur kepada tuhan karena telah memberi rezeki dan hasil bumi yang melimpah.

Ritual grebeg suran yang diadakan setiap bulan suro ini diikuti sedikitnya seribu lebih warga yang datang dari 30 desa di seluruh wilayah di kawasan kaki Gunung Slamet. Prosesi ritual diawali dengan arak-arakan yang mengusung berbagai hasil bumi menuju kaki gunung slamet sejauh tiga kilometer. Tidak hanya para orang tua yang ikut, tetapi juga anak anak yang berperan sebagai barisan tuyul.

Seluruh sesaji yang dibawa , kemudian didoakan  sebagai rasa syukur kepada Tuhan karena telah memberi rezeki yang melimpah. Setelah itu sesaji berupa tumpeng merah dan putih itu dilarung di Sungai Gumiwang yang berada di areal kawasan Wisata Baturaden.

Usai menyembelih seekor kambing, warga dan sejumlah tokoh di Banyumas makan bersama di petilasan atau makam leluhur yang berada di bagian atas Wisata Baturaden.

Ritual dilanjutkan dengan rebutan sesaji yang berupa hasil bumi oleh warga dan para wisatawan. Mereka mempercayai dengan mendapatkan berbagai barang hasil bumi yang terdapat dalam ritual grebeg suran ini bakal mendapatkan kemakmuran dari sang pencipta alam semesta.

Berbeda dengan tahun tahun sebelumnya, tradisi grebeg suran kali ini ditampilkan atraksi kekuatan tubuh dari perguruan silat lembah Baturaden. Para pendekar yang sebagian besar anak anak ini menunjukan kekebalan tubuh mereka dengan menginjak paku, serta

Menurut panitia, Deskrat Jatmiko, panitia, tradisi mengarak hasil bumi atau grebeg pada bulan sura di Baturaden ini merupakan kegiatan budaya yang akan terus dipertahankan. “ Ya kita harapkan, tidak hanya sekadar untuk menarik wisatawan tetapi juga menumbuhkan rasa perduli terhadap kelestarian alam,” ujar Jatmiko dosela sela mengikuti grebek (banyumasnews.com/tia)

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. BIMO 22/12/2009 pukul 18:51 -

    grebeg sura Baturraden selalu rame dan dipadati pengunjung dari berbagai arah. mudah mudahan tahun depan grebeg sura makin oke… terutama waktu rebut gunungan.
    sukses…..!!!

  2. wulan 20/12/2009 pukul 13:28 -

    kayakna asik deh nonton…..

  3. kang slamet 20/12/2009 pukul 10:58 -

    gak ada tanam kepala kambing kan? he..he..

Leave A Response