Kopassus Kirim Kendaraan Hagglunds ke Gunung Kelud

Ditulis 16 Feb 2014 - 22:06 oleh Yit BNC

Kopassus kirim HagglundSUKOHARJO (BanyumasNews.Com) – Untuk membantu penanggulangan bencana meletusnya Gunung Kelud di Kediri (Jateng), Komando Pasukan Khusus (Kopassus) memberangkatkan personel, bantuan logistik dan kendaraan. Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo memperbantukan satu kendaraan Hagglunds, masker dan sejumlah logistik. Kendaraan itu mempunyai kelebihan khusus bisa menerobos abu di daerah erupsi. Difungsikan untuk mengevakuasi yang terkendala medan.

Komandan Jenderal Kopassus (Danjen), Mayjen Agus Sutomo mengatakan, berdasarkan permintaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Kopassus diminta memberikan bantuan evakusi akibat erupsi Gunung Kelud. “Di radius yang membahayakan atau ring satu Gunung Kelud tidak mudah ditembus kendaraan biasa. Maka dengan kendaraan yang kami punya ini bisa melintas di segala medan. Rodanya dari karet yang bisa melintas di abu tebal dengan cepat. Selain itu juga tahan panas dan sudah sering kita gunakan untuk evakuasi gunung meletus. Seperti terakhir kali di Merapi,” kata  Mayjen Agus Sutomo di Markas Grup 2 Kandang Menjangan.

Selain itu, juga memberangkatkan satuan setingkat peleton yang berjumlah 31 personel. Personil Kopassus diharapkan dapat membantu memecahkan persoalan di wilayah bencana. Bersamaan dengan itu juga dibawa sejumlah bantuan logistik. “Mulai dari perlengkapan tenda, dan kebutuhan bahan bakar selama evakuasi. Pasukan ini kloter pertama. Kami tempatkan di sana selama 10 hari. Mereka sudah dilengkapi dengan tim medis, dokter, peralatan dan seribu paket obat-obatan. Selain itu kita bagikan 24 ribu masker di sana,” tambahnya. (BNC)

 

Tentang Penulis

Leave A Response