Indah Alam di Curug Pitu Banjarnegara

Ditulis 16 Feb 2014 - 20:57 oleh Nanang BNC
CURUG PITU : Salah seorang pengunjung tengah menikmati segarnya air terjun. (foto Ruhito)

CURUG PITU : Salah seorang pengunjung tengah menikmati segarnya
air terjun. (foto Ruhito)

NAMA air terjun Curug Pitu di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara memang belum setenar kawasan obyek wisata Dataran Tinggi Dieng ataupun Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas. Namun mengingat lokasinya yang tidak jauh dari lokasi wisata arung jeram dan Serulingmas sudah sepantasnya jika obyek ini dikunjungi.

Bagi yang suka dengan hiking atau kegiatan pecinta alam, Curug Pitu sangat cocok dipilih. Di samping pemandangan indah dengan daya tarik utama berupa air terjun tujuh tingkat, di kompleks wisata terdapat sejumlah fasilitas pendukung yang representatif.  Fasilitas yang sudah tersedia diantaranya gardu pandang, jalan setapak yang baik, bumi perkemahan dan panggung terbuka.
Sesuai dengan namanya, panorama keindahan yang ditawarkan obyek ini berupa air terjun tujuh tingkat. Jarak antara air terjun satu dengan yanglain rata-rata 100 meter. Antara grujugan satu dengan yang lain telah dihubungkan jalan setapak dari beton.Dengan kondisi airnya yang jernih dan dingin memungkinkan pengunjung untuk mandi di setiap grujugan.

PINTU CURUG : Pintu gerbang menuju Curug Pitu yang berada di Pertigaan Tekidadi, Sigaluh membantu warga luar daerah yang ingin berkunjung. (foto Ruhito)

PINTU CURUG : Pintu gerbang menuju Curug Pitu yang berada di
Pertigaan Tekidadi, Sigaluh membantu warga luar daerah yang ingin
berkunjung. (foto Ruhito)

Untuk menuju lokasinya juga tidak sulit. Akses jalan menuju ke Curug Pitu terbilang mudah dijangkau meski jalannya tak begitu lebar, baik kendaraan roda dua atau mobil. Meskipun tidak elebar dan sebagus akses jalan menuju ke Dieng, Batur namun jalan telah beraspal hotmik. Demikian juga dengan jalan menuju lokasi terjunan air telah disemen.
Bagi pengunjung yang menggunakan angkutan umum tidak akan
mengalami kesulitan. Mereka memanfaatkan jasa ojek ataupun angkutan bak terbuka. Dari jalan raya Banjarnegara – Wonosobo turun di petigaan Tekidadi yang terdapat Gapura Curug Pitu yang berdiri megah. Sehingga bagi pengunjung yang belum tahu rute tidak akan kesulitan.
Dan bagi pengunjung yang ingin membawa pulang oleh-oleh, terutama jenis buah-buahan segar di Kecamatan Sigaluh mudah didapat. Selain dikenal sebagai sentra salak pondoh, Sigaluh juga terkenal dengan beberapa hasil buah-buahan seperti Durian, Duku, Manggis dan Buah Naga. Bahkan, kita juga bisa belajar bagaimana cara membudidayakan buah-buah tersebut. Karena itu, tidak mengherankan kalau curug pitu sering kali dijadikan lokasi utama bagi sekolah-sekolah. (Ruhito)
Tentang Penulis

Leave A Response