Hari Jadi Purbalingga, Pemkab Beri Penghargaan Lima Tokoh

Ditulis 19 Des 2009 - 17:59 oleh Banyumas1

PURBALINGGA– Pemkab Purbalingga memberikan penghargaan kepada lima orang warga Purbalingga dan mantan warga Purbalingga yang dinilai telah peduli dalam menyumbangkan pikiran dan tenaganya demi keharuman Purbalingga. Penghargaan akan diberikan pada upacara adat Pahargyan Ageng peringatan hari jadi Purbalingga ke-179 di Pendopo Dipokusumo, Sabtu (19/12).

            Kasubag Pemberitaan dan Media Massa Bagian Humas Setda, Ir Prayitno, M.Si, Jum’at (18/12) mengatakan, kelima orang penerima penghargaan yakni R Bambang Moedarmo SH yang dinilai berjasa dalam bidang pemerintahan selama menjabat Bupati Purbalingga tahun 1967 – 1973. Kemudian Drs H Soelarno (bidang pemerintahan) ketika menjadi bupati Purbalingga periode 1989 – 1999.

            Penghargaan lainnya diberikan kepada Purbadi HardjoPrayitno, SH atas kepedulian terhadap daerah dan peningkatan sumberdaya manusia, Suritno Hardin, atas jasanya dalam bidang kepurbakalaan, dan KH Abror Musodiq yang dinilai berjasa dalam pengembangan bidang pembinaan mental spiritual.

            “Pemberian penghargaan itu tertuang dalam keputusan Bupati nomor 002.5/4461 tertanggal 18 Desember 2009. Penghargaan akan disampaikan langsung oleh Bupati Triyono Budi Sasongko, “ kata Prayitno.

            Sementara itu Prayitno menambahkan, usai upacara adat Pahragyan Ageng, juga akan dilanjutkan kirab Manggala Praja dan Grebeg gunungan. Kirab ini menghadirkan bintang tamu prajurit Kraton Yogyakarta Bregada Bregas Tambak Baya, Kraton Surakarta Bregodo Sorogeni, kereta kencana Kraton Yogyakarta, tamtama muda kusuma dan pasukan gajah.

            Rute yang akan ditempuh, star dari pendopo Dipokusumo – Jalan Jambu Karang – DI Panjaitan – Jl Mayjen Suprapto – Jalan Jenderal Soedirman (barat) – alun-alun – jalan jenderal Soedirman (timur) – Jalan Pujowiyoto – Jalan DI Panjaitan (pasar Mandiri) – Jalan Onje – dan finish di Pendopo Dipokusumo. Rute perjalanan sekitar empat kilometer. “Kami mengajak warga masyarakat Purbalingga untuk berbondong-bondong menyaksikan acara yang unik dan penuh dengan nuansa budaya Jawa,” kata Prayitno (banyumasnews.com/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response