Arung Jeram Serayu Banjarnegara Dilirik Untuk Arena PON XX

Ditulis 13 Feb 2014 - 08:01 oleh Nanang BNC
ARUNG JERAM : Selain debit yang cukup besar, tingkat kesulitan (grade) Sungai Serayu di di wilayah Kecamatan Sigaluh Banjarnegara cukup menantang. (foto Ruhito)

ARUNG JERAM : Selain debit yang cukup besar, tingkat kesulitan (grade)
Sungai Serayu di di wilayah Kecamatan Sigaluh Banjarnegara cukup menantang. (foto Ruhito)

BANJARNEGARA (BanyumasNews.Com) – Lintasan olahraga arung jeram Sungai Serayu Banjarnegara dilirik untuk arena PON XX tahun 2020 mendatang. Kemarin, tim Verifikasi Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX dari KONI Pusat mengunjungi Banjarnegara guna melakukan cek dan ricek kondisi venue. Kedatangan Tim diterima oleh Pengurus KONI dan PengurusFederasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) di The PIkas, Singomerto,Madukara.

Ketua Umum KONI Banjarnegara, Oetomo mengatakan,  kaitan kunjungan Tim Verifikasi ke Banjarnegara dikarenakan propinsi Jawa Tengah mengajukan diri menjadi salah satu dari kandidat tuan rumah PON XX. Arung Jeram menjadi salah satu cabang olah raga yang dipertandingkan dan di Jawa Tengah ini venue Arung Jeram ada di Banjarnegara dan di Magelang. Kegiatan ini sedang menilai kelayakan Race Arung Jeram Serayu sebagai venue untuk kegiatan PON.
 ”Bila Jawa Tengah terpilih sebagai penyelenggara PON XX, kita
optimis kegiatan lomba Arung Jeram akan dipusatkan di race Sungai Serayu. Sebab kita mempunyai sejumlah keuntungan selain gradenya bagus, kita juga pengalaman menyelenggarakan event tingkat nasional dan internasional,” katanya.
Oetomo optimis Sungai Serayu akan dipilih panitia jika Jateng
dipercaya tuan rumah penyelenggaraan PON. Karena, race arung jeram Serayu dinilai lebih baik dari race arung jeram Kali Progo di
Magelang. Race arung jeram Serayu ini tidak cuma gradenya bagus juga suasananya yang sangat mendukung. Terasa sangat alamiah sekali, tentunya ini akan menjadi daya tarik sendiri bagi atlet dan oficial tim.
  ”Lokasi sungai serayu yang sejajar Jalan Raya menjadi nilai tambah sendiri yang tidak banyak ditemui di tempat lain.
Kita sudah beberapa kali event menggelar event tingkat nasional dan internasional diselenggarakan sehingga cukup menunjukan tentang mutu race Serayu. Saat ini, tinggal 6 kandidat propinsi. Pada bulan Maret nanti aka nada penilaian, hingga tertinggal 3 propinsi. Dari 3 yang tersisa akan digodok di Kementrian Olah Raga dan diajukan ke Presiden untuk ditentukan hasilnya. Berdoa saja, semoga Jateng terpilih,” katanya.
Ketua Pengcab FAJI Banjarnegara, Indarto menambahkan, akomodasi Banjarnegara telah siap dengan hotel bintang 3, dan hotel-hotel pendukung, home stay-home stay pariwisata, dan cottage yang ada di lokasi wisata Serayu Adventure maupun di The PIkas. Di tetangga Kabupaten, lanjutnya, kurang lebih sejauh 30 Km ke arah timur jugaterdapat sejumlah hotel yang cukup bagus. Pengunjung tinggal pilih, lanjutnya, mana yang disukai. ”Intinya Banjarnegara siap menjadi venue lomba Arung Jeram saat PON XX nanti,” katanya. (Ruhito)

Tentang Penulis

Leave A Response