Dyah, Gadis Energik dan Mudah Bergaul

Ditulis 12 Feb 2014 - 17:28 oleh Yit BNC
Dyah Handayani Nastiti

Dyah Handayani Nastiti

NAMA lengkapnya Dyah Handayani Nastiti, namun teman-temannya lebih sering memanggilnya Dyah. Di kalangan dunia kampus khususnya di Jurusan Kedokteran Umum, Fakultas Kedokteran dan Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), sosok Dyah cukup dikenal. Sikapnya yang energik, mudah bergaul dan supel dengan berbagai kalangan, menghilangkan kesan mahasiswi tingkat akhir ini jauh dari sikap sombong.  Tak hanya di kampus, di kalangan masyarakat-pun, Dyah banyak memiliki teman. “Saya senang bergaul dengan masyarakat, karena dengan banyak teman, akan banyak menambah saudara,” tutur gadis kelahiran Jakarta, 22 September 1991.

Sejak SMP, Dyah juga aktif dalam berbagai organisasi. Ia tercatat sebagai pengurus Osis di SMPN 1 Purbalingga, begitu juga ketika menempuh pendidikan di SMAN 1 Purbalingga. Di luar sekolah, Dyah aktif dalam berbagai kegiatan baik olah raga, seni, kepemudaan maupun budaya. Ia pun pernah menjadi mayoret marching band dan mayoret rampak kentong ‘Purbamas’ yang pernah dua kali mengantarnya ke istana negara dan sekali ke Denpasar Bali.

Kini, Dyah juga tercatat aktif sebagai bendahara Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Banyumas, dan anggota Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Banyumas. “Melalui organisasi, saya bisa memetik banyak pengalaman dari teman-teman, berlatih menghargai perbedaan pendapat dan tentunya berlatih hidup dalam bermasyarakat,” tutur putri kedua Triyono Budi Sasongko, Bupati Purbalingga periode 2000 – 2005; 2005  – 2010.

Darah berpolitik, rupanya juga mengalir dari ayahnya. Meski masih muda, berkat kemampuannya, Dyah dipercaya oleh partai untuk menjadi caleg DPRD Banyumas dari PDIP melalui Dapil Banyumas 3 yang meliputi Kecamatan Sumbang, Baturraden, Kembaran dan Kecamatan Sokaraja. “Karena ini amanat dan tugas partai, saya siap melaksanakan tugas itu,” ujarnya mantap.

Ketika ditanya apa visi yang akan diusungnya kelak jika menjadi anggota legislatif, Dyah berujar dirinya ingin memperkuat peran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam mewujudkan Banyumas yang lebih maju, berdaya saing dan sejahtera.

“Jika mendapat amanah, saya akan memperjuangkan aspirasi dan hak-hak rakyat khususnya kaum perempuan dan melaksanakan fungsi legislasi dalam membangun tata kelola penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan  yang berkeadilan dan memihak rakyat. Selain itu juga mendorong semakin meningkatnya keterlibatan dan otoaktifitas masyarakat luas dalam proses pembangunan yang berkeadilan,” ujar gadis yang murah senyum ini.

Tentang Penulis

Leave A Response