Air Terjun Panas Giritirta Banjarnegara Menakjubkan

Ditulis 11 Feb 2014 - 23:34 oleh Nanang BNC
 Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta. (foto ruh)

Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta.
(foto ruh)

DESA Giritirta, Kecamatan Pejawaran,Kabupaten Banjarnegara menyimpan beberapa obyek wisata alam yang cukup menakjubkan. Setidaknya, ada dua sumber air panas dan dua air terjun yang bisa kita nikmati jika kita mengunjungi desa yang berada di dataran tinggi ini.

Empat obyek wisata yang dimiliki Giritirta diantaranya Curug
Genting, Curug Mrawu dan duam sumber air panas yang jarak satu dengan lainnya tidak berjauhan. Hanya saja, untuk dapat ke lokasi tersebut tidak dapat dilalui sepeda motor, apalagi kendaraan roda empat mengingat masih jalan setapak. Hingga kini, empat obyek wisata alam yang masih berada dalam satu kawasan itu belum tersentuh oleh pihak manapun, termasuk juga Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara.

Air terjun Genting di Desa Giritirta beserta jalan setapak terlihat indah di lihat dari kejauah. Suara terjunan air juga terdengar dari kejauhan. (foto ruh)

Air terjun Genting di Desa Giritirta beserta jalan
setapak terlihat indah di lihat dari kejauah. Suara terjunan air juga
terdengar dari kejauhan. (foto ruh)

Apabila kita akan ke sana dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan hanya sampai pada Dusun Melikan, salah satu dusun yang ada di paling ujung desa. Dari dusun ini, ada dua jalur untuk menuju ke kawasan obyek wisata ini yang kesemunya harus ditempuh dengan jalan kaki. Jalur pertama dengan menyusuri saluran irigasi Sikalong dan kedua jalan pintas menembus bukit. Jalur pertama lebih landai dibandingkan kedua, hanya saja jaraknya lebih jauh.
Selama perjalanan menyusuri saluran irigasi kita akan disuguhi
pemandangan indah berupa lahan pertanian sayuran yang berada di apit bukit yang masih perawan karena belum dijamah manusia. Hampatan lahan pertanian model teras sering berisi aneka ragam sayuran seperti kentang, tomat membuat perjalanan menuju lokasi tidak terasa capai. Panorama alam hijau dengan hamparan lahan model terasering yang tersusun rapi, ditambah sejuknya udara membawa kesan tersendiri. Apalagi, dari kejauhan sudah terlihat terjunan air yang dituju seolah-olah menyambut kedatangan kita.
Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta. Konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit (foto ruh)

Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta. Konon bisa menyembuhkan berbagai penyakit
(foto ruh)

Sekitar 100 meter sebelum air terjun Curug Genting kita sudah
bisa merasakan cimpratan air yang membuat basah pakaian. Sampai di lokasi kita akan menjumpai air terjun Curug Genting. Curug denganketinggian sekitar 70 meter memberikan pemandangan eksotis. Air terjun yang menghamtan bebatuan besar di dasar menimbulkan cimpratan dan suara yang saut menyaut-menyaut tak henti-henti.
Dinginnya udara pegunungan yang kita rasakan pada lokasi air terjun ini akan terobati mengingat ada dua sumber mata air panas yang beda karakteristik tak berapa jauh dari terjunan ini. Jaraknya hanya sekitar 100 meter, demikian halnya jarak antara sumber air panas satu dengan yang kedua.
Pemandangan tidak kalah indah juga disuguhkan pada sumber air panas ini. Selain terlihat asap mengepul, di sepanjang bebatuan yang dilewatinya terlihat warna kuning ke-emasan. Warna kuning berkilau ini merupakan akibat kandungan belerang kuning pada air tersebut.
Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta. (foto ruh)

Pengunjung sedang mencoba air panas Giritirta.
(foto ruh)

Sementara pada sumber air panas kedua, suhu airnya lebih rendah, namun debit airnya lebih besar. Saat musim kemarau debitnya tetap besar. Adapun warna lebih condong kecoklat-coklatan. Kedua air hangat ini bermanfaat untuk kesehatan. Selain mengobati penyakit kulit, kehangatan air dapat membuat pikiran kita relaks.
Usai menikmati air hangat kita dapat menikmati air terjun lagi, yakni Curug Merawu yang berjarak sekitar 1 kilometer dari lokasi air hanya. Meski debitnya lebih kecil dibandingkan Curug Genting, namun lokasinya lebih datar dan luas. Kita lebih leluasa untuk mandi dan berenang di bawah terjunan air dengan ketinggian sekitar 50 meter. Curug ini nantinya aliran airnya akan menyatu dan menjadi sumber utama sungai Merawu, salah satu anak Sungai Serayu.
Tokoh masyarakat setempat, Mister M Yusuf mengatakan, keindahan yang dimiliki obyek wisata di desanya tak sebanding dengan kendala jalan yang tidak memadai untuk menuju objek wisata ini. Pihaknya berharap ada pihak ketiga yang berminta untuk mengembangkannya.
”Untuk itu kami mengundang investor yang professional untuk
menyulap Curug Genting menjadi objek wisata andalan di Banjarnegara.
Lokasinya masih terbuka lebar dan sangat potensial untuk dikembangkan. Tempat wisata alam ini belum dikelola oleh siapapun termasuk Pemkab Banjarnegara,” ungkap dia.
Menurut dia, sumber mata air panas juga sangat potensial
untuk dijadikan kolam renang. Sumber mata air panas dengan debet yang cukup besar dan mengandung belerang kuning yang dikeluarkan mata air panas ini menambah indahnya bebatuan Sungai Merawu. Selain itu, debit air hangat ini tetap stabil meskipun kemarau panjang sedang melanda (Ruhito).
Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Laksmie 19/02/2014 pukul 20:15 -

    cocok untuk lokasi outbound ini .

Leave A Response