Toyota Avanza Paling Laris di Papua

Ditulis 11 Feb 2014 - 08:47 oleh Joko Pujakesuma
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
133
Dalam Tag
toyota avanza, avanza

Toyota Avanza, jadi pilihan favorit warga Papua. (Foto: toyota.co.id)

MERAUKE (BanyumasNews.com) – Mobil ekonomis Toyota Avanza ternyata jadi pilihan favorit warga Papua. Kendaraan bertipe multi-purpose vehicle (MPV) ini menguasai pasar penjualan mobil di Papua dengan sekitar 71,3% penjualan di kelasnya.

Kepala Divisi Pemasaran PT Hasjrat Abadi, Edward D. Lontoh, menyatakan dalam acara Avanzanation Journey 2014, di Merauke, Senin (10/2), penjualan Avanza di seluruh Papua–tidak termasuk Papua Barat–mencapai 1.800 unit tahun lalu. PT Hasjrat Abadi sendiri merupakan dealer Toyota yang menguasai pemasaran di wilayah Indonesia timur, meliputi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Gorontalo, Maluku, dan Papua.

Di Merauke yang merupakan titik start acara Avanzanation Journey 2014, Avanza juga menjadi mobil terlaris dengan angka penjualan di atas 70%.

“Penjualannya bisa mencapai 150 unit/bulan, sementara pasar MPV di Merauke sebesar 180 ribu unit/bulan,” kata Edward.

Di antara beberapa varian Avanza, masih menurut Edward, warga Papua sebagian besar memilih tipe G manual dengan kapasitas meisn 1.300 cc. Menurutnya, Avanza jadi pilihan karena dianggap cocok dengan kondisi Papua yang berupa pegunungan serta infrastruktur jalan yang tak selalu mulus.

Selain itu, harga juga tentu jadi pertimbangan. Avanza manual lebih murah sekitar Rp 10 juta dibanding yang otomatik. Di Papua, harga-harga menjadi lebih mahal dari daerah lain karena faktor transportasi yang juga membutuhkan biaya mahal. Belum meratanya akses ke semua wilayah membuat pesawat menjadi moda transportasi yang paling efisien di wilayah paling timur Indonesia ini.

Karena diangkut memakai pesawat yang membutuhkan biaya sekitar Rp 25-30 juta/unit, harga Avanza di Papua jadi lebih mahal Rp25 juta dari banderol aslinya. Di Merauke misalnya, Avanza dibandrol mulai dari Rp 195 juta sampai Rp234,9 juta/unit.

Tentang Penulis

Leave A Response