Wisata Agroherbal Dieng Terus Dikembangkan

Ditulis 10 Feb 2014 - 19:21 oleh Nanang BNC

PULUHAN wanita warga Desa Pekasiran Kecamatan Batur yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) Wana Lestari kini terus kembangkan wisata agroherbal. Wisata yang menyajikan berbagai jenis tanaman obat dan tanaman langka berlokasi lokasi di dekat Kawah Candradimuka.

Pengunjung antausias mencoba jajanan dan obat herbal khas Kawasan Dataran Tinggi Dieng. (foto: ruh)

Pengunjung antausias
mencoba jajanan dan obat herbal khas Kawasan Dataran Tinggi
Dieng. (foto: ruh)

Ketua KWT ‘Wana Lestari’, Nur Afni Erna mengatakan, pengembangan wisata berbasis masyarakat tersebut bermula dari rasa prihatin warga Desa Pekasiran untuk melestarikan berbagai jenis tanaman khas dataran tinggi Dieng yang hampir punah. ”Maraknya pertanian kentang sejak tahun 1980an mengakibatkan beberapa jenis tanaman khas Dieng menjadi langka,”katanya.
Contohnya, kata dia, pohon krangean yang daunnya bisa dijadikan
minyak atsiri dan pohon kemenyan yang saat ini sudah jarang ditemukan.Akibatnya, anak muda tidak lagi mengenal jenis tanaman tersebut.
”Dasar itulah yang mendorong semangat kami untuk sedikit demi sedikit mulai mengumpulkan tanaman langka itu dari tengah hutan. Saat ini setidaknya sudah terkumpul sekitar 57 jenis tanaman langka dan 20 jenis tanaman khas Dieng yang juga memiliki khasiat obat,” kata dia.
Dengan koleksi tanaman yang terus bertambah, maka lokasi penangkaran yang sebelumnya menggunakan halaman rumah warga dipindahkan ke tanah milik desa yang masih berada di kawasan kawah Candradimuka sehingga menjadi bagian dari pesona wisata kawah. Selain tanaman langka, merekajuga melengkapi koleksi dengan berbagai tanaman khas Dieng lain seperti purwaceng, carica, kacang dieng terong belanda dan lainnya.
Pendamping KWT ‘Wana Lestari’, Setyo Bangun mengatakan, penangkaran bibit tanaman langka saat ini masih dalam tahap pengembangan, namun beberapa waktu lalu sudah ada rombongan pelajar yang tertarik kepada objek wisata yang dikembangkan masyarakat itu. Karena itu, selain menambah koleksi tanaman, di lokasi tersebut juga akan dilengkapi dengan gazebo dan juga taman bermain anak dan tempat berkemah.
Di lokasi wisata agroherbal ini, pengunjung juga bisa menikmati Kawah Candradimuka dan Telaga Dlingo serta sumur adem semar. (Ruhito)
Tentang Penulis

Leave A Response