Cuaca Tidak Menentu,Puluhan Hektar Tanaman Bawang Diserang Hama

Ditulis 15 Des 2009 - 21:18 oleh Banyumas1

BANYUMAS-Puluhan hektar tanaman bawang yang berada di Kabupaten Banyumas kini terancam tidak bisa panen akibat serangan hama. Serangan hama yang muncul belakangan ini, diduga akibat cuaca yang tidak menentu. Kini petani hanya bisa pasrah karena hasil panen mereka terancam turun drastis.

Daerah sentra tanaman bawang di perbatasan kabupaten Banyumas dan Brebes seperti di desa Dawuhan Sirampog Brebes dan Desa Krajan Kecamatan Pekuncen dan Purwojati Banyumas mendadak diserang hama sejenis wereng yang merusak daun dan akar. Akibatnya banyak tanaman bawang daun petani yang layu.

Sejumlah petani menuturkan, serangan hama ini muncul setelah cuaca yang tidak menentu belakangan ini. Memasuki pertengahan Desember cuaca di wilayah Jawa Tengah bagian selatan berubah panas. Kondisi seperti ini membuat beberapa hama bawang yang muncul baik dari bawaan pupuk maupun wereng hinggap dan merusak akar serta daun. Akibat rusaknya akar membuat daun bawang menjadi layu.

Sejumlah petani di Pekuncen sudah berupaya mengusir hama tersebut dengan menyemprotkan caran pestisida, namun tetap belum berhasil. Menurut petani jika suhu panas maka hama tersebut akan menjadi ganas. Karena binatang perusak itu akan terus berlindung di dalam tanah dan daun.

Petani kini hanya bisa pasrah dan berharap agar hujan segera tiba. Karena jika musim hujan kembali normal,akan bisa mengurangi banyaknya hama di areal pertanian bawang tersebut (banyumasnews.com/tia).

Tentang Penulis

& Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Benter Tajum 16/12/2009 pukul 11:50 -

    naaah!!!!!!!!!!!!!! kiye garapane PPL pertanian aja turu, ngadu golet kepriwe ama pada mangani godong bawang, jajal the musnahna amane !

  2. kang slamet 16/12/2009 pukul 06:16 -

    ana petani bwang toh di Banyumas…

Leave A Response