Banjarnegara masuk 10 Nominasi Evaluasi Program Pokok PKK

Ditulis 15 Des 2009 - 21:09 oleh Banyumas1

BANJARNEGARA – Tim Penggerak PKK Kabupeten Banjarnegara, Senin (14/12) didatangi Tim Evaluasi Pelaksanaan 10 Program Pokok PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2009. Selain untuk mengevaluasi secara administratif, kegiatan ini dilaksanakan untuk melihat progres pencapaian

1. Tim Evaluasi dari Provinsi Meninjau Langsung Adminstrasi Tim Penggerak PKK Kab.Banjarnegara(foto:yov/BNC)

1. Tim Evaluasi dari Provinsi Meninjau Langsung Adminstrasi Tim Penggerak PKK Kab.Banjarnegara(foto:yov/BNC)

program melalui kenaikan skor dari tahun ke tahun lewat tiga bidang, yaitu bidang organisasi, administrasi, dan pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini diawali dengan evaluasi secara langsung kerja Tim PKK Kabupaten Banjarnegara, dilanjutkan peninjauan ke sampel desa binaan, yaitu Desa Gunungjati, Kecamatan Pagedongan.

 

Dalam sambutannya di Pringgitan, Sekda Kabupaten Banjarnegara, Syamsudin, S.Pd. M.Pd berpesan agar Kegiatan PKK di Banjarnegara jangan sampai mandeg. “Sesuai tujuan dan semboyannya PKK diharapkan bisa membangun keluarga yang mapan dan mandiri untuk mewujudkan keluarga yang harmonis. Karena itu, setiap elemen masyarakat wajib mendukung keberhasilan setiap programnya,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ny. Hj. Wiwi Soehardjo yang mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjarnegara menjelaskan hambatan utama yang dihadapi dalam pelaksanaan 10 Program Pokok PKK. “Hambatan yang ditemui diantaranya tingkat pendidikan kader yang relatif rendah, jumlah kader PKK Desa yang mau dan mampu relatif sedikit sehingga dalam proses pengadministrasian dan pelaksanaan kegiatan kadang terhambat, serta keterbatasan dana yang menyebabkan pelaksanaan kegiatan kurang maksimal,” katanya.

 

Terpisah, Nyonya Sutomo selaku Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian administrasi dan verifikasi data yang telah dilakukan, Tim Penggerak PKK Kabupeten Banjarnegara masuk nominasi 10 besar Kabupaten di Jawa Tengah yang dievaluasi. “Kesepuluh Kabupaten yang masuk nominasi diantaranya, Kabupaten Banjarnegara, Banyumas, Boyolali, Brebes, Demak, Kebumen, Klaten, Pemalang, Purbalingga, dan Rembang,” ungkapnya.

 

Lebih lanjut, Nyonya Sutomo menjelaskan, setiap Kabupaten yang bisa menaikkan nilai dari tahun sebelumnya akan menjadi PKK Percontohan dan bebas evaluasi selama satu tahun. Namun, jika bisa menaikkan nilai sekaligus membuat inovasi, akan dijadikan PKK Model dan bebas evaluasi selama dua tahun (banyumasnews.com/yoi)

 

 

 

Tentang Penulis

Leave A Response