Tingkatkan Kemampuan Personil, Pembina Linmas Kecamatan Ikuti Sosialisasi

Ditulis 09 Feb 2014 - 17:38 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
340
Dalam Tag

Para peserta sosialisasi  PAM Linmas Bagi Pembina Linmas KecamatanPURBALINGGA (BanyumasNews.Com – Untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi Pembina Perlindungan Masyrakat (Linmas), serta sebagai bekal membina anggota Satlinmas agar ikut membantu pengamanan lingkungan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sebanyak 100 orang Pembina Linmas Kecamatan se-Kabupaten Purbalingga mengikuti Sosialisasi Pam Linmas Bagi Pembina Linmas Kecamatan di Gedung Graha Srikandi Komplek Pendopo Dipokusumo Sabtu (8/2).

Acara sosialisasi secara resmi dibuka oleh bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, dihadiri oleh Kepala Bidang Linmas Kesbangpol Propinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kasubdit Bina Linmas Tatik Sugiarti, Kapolres Purbalingga AKBP I Ketut Suwitra Adyana, Kasat Pol PP Kabupaten Purbalingga  Purwanto, Camat, Kapolsek dan Danramil Se-Kabupaten Purbalingga.

Sukento mengapresiasi dan menghargai peran serta para Pembina Linmas maupun para anggotanya atas pengabdianya dalam melaksanakan tugas perlindungan kepada masyarakat.

“Tugas sebagai satuan perlindungan masyarakat adalah tugas yang amat berat dan mulia, tugas tersebut menuntut pengabdian yang tidak mengenal waktu serta pantang menyerah. Oleh sebab itu saya sampaikan terima kasih dan pengahrgaan yang setinggi-tingginya,”ujar Kento.

Kento menambahkan, salah satu tugas penting Satlinmas adalah ikut melakukan segala usaha serta kegiatan untuk mencegah, melindungi dan menyelamatkan masyarakat dari segala marabahaya, bencana yang akan menimpanya. Sehingga perannya mampu mengurangi jatuhnya korban serta mengurangi penderitaan masyarakat.

“Mengingat bencana alam, maupun bencana akibat ulah manusia dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda serta kerusakan lingkungan. Apalagi di bebagai daerah saat ini sedang dilanda bebagai macam bencana seperti banjir, tanah longsor sehingga akibat dari bencana tersebut berakibat terputusnya jalur transportasi, terendamnya rumah tinggal dan arela persawahan, sehingga mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit,”ujarnya.

Selain itu, Kento meminta agar para anggota Satlinmas perlu dibekali pengetahuan dan kemampuan, kewaspadaan dini, serta peningkatan ketrampilan, sebagai bekal untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana atau konflik di tengah masyarakat. Untuk itu para anggota Satlinmas dituntut mempunyai kepekaan, kesiagaan dan antisipasi dalam mengadapi segala potensi serta indikasi timbulnya bencana/konflik sejak dini.

Ketua Panitia Sosialisasi Pam Linmas Bagi Pembina Linmas Kecamatan Propinsi Jawa Tengah  Noor Hadi yang diwakili oleh  Tatik Sugiarti dalam laporannya mengatakan, bahwa untuk mencetak Pembina Linmas kecamatan agar lebih mampu dan terampil dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya untuk mendukung kesuksesan, keamanan dan ketertiban lingkungan, pihaknya melakukan sosialisasi PAM Linmas Pembina Linmas Kecamatan Tahun 2014 di Kabupaten Purbalingga.

“Satlinmas mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta pengamanan lingkungan. Demikian yang menjadi dasar diselenggarakannya Kegiatan Sosialisasi PAM Linmas Bagi Pembina Linmas Kecamatan Tahun 2014 di Kabupaten Purbalingga,”tuturnya.

Tatik juga menambahkan kegiatan sosialisasi akan berlangsung selama satu hari dan diikuti oleh Pembina Linmas tingkat kecamatan sebanyak 100 orang, materi pembahasan meliputi Linmas sebagai ujung tombak kamtramtibmas, pemahaman terhadap tupoksi Linmas dalam pengamanan serta teori maupun praktek kemitraan Linmas dalam fungsi pengamanan, dan kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama antara Kantor Satpol PP Kabupaten Purbalingga dengan Badan Kesbangpol, dan Linmas Provinsi Jawa Tengah.

Kasatpol PP Kabupaten Purbalingga Purwanto dalam laporannya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi Pembina Linmas Kecamatan untuk membina Anggota Satlinmas agar ikut membantu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta pengamanan lingkungan.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni agar Pembina Linmas Kecamatan lebih mampu dan terampil dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat khususnya dalam mendukung kesuksesan, keamanan dan ketertiban lingkungan” katanya

Purwanto menambahkan metode penyampainan materi dilaksanakan secara ceramah dan Tanya jawab, serta pemateri selain dari Kesbangpol Propinsi juga dari Polres Purbalingga dan Satpol PP Kabupaten Purbalingga. (BNC/Tgr)

 

Tentang Penulis

Leave A Response