1.040 Siaga Ikuti Pesta Siaga Kwaran Bukateja

Ditulis 09 Feb 2014 - 17:33 oleh Yit BNC

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)  – Sebanyak 1.040 anggota Pramuka Siaga dari 52 SD/MI se Kecamatan Bukateja, Sabtu (8/2) mengikuti pesta siaga tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) Bukateja di lapangan Desa Majasari. Keluar sebagai tergiat terbaik pertama dan kedua untuk barung putra yakni SDN 3 Bajong dan MI NU Karanggedang. Sedangkan tergiat pertama dan kedua putri diraih barung dari SDN 1 Karangcengis dan SDN 2 Karangcengis.

“Tergiat 1 dan 2 baik barung putra maupun putri, selanjutnya akan mengikuti pesta siaga di tingkat kabupaten atau tingkat Kwarcab di Buper Munjulluhur,Sabtu,22 Februari mendatang,” ujar Kakwaran Bukateja,Yusuf S.Ag.

Menurut Yusuf, pesta siaga di tingkat Kwaran Bukateja dibuka oleh Camat Bukateja Drs Imam Sujono selaku Kamabiran.Hadir juga dalam kesempatan itu, Kakwarcab Trisnanto Sri Hutomo, Kapolsek AKP Sulasman, Danramil Kapten Infantri Sukamto, Danlanud Mayor Andreas, para kades dan kepala SD/MI se Bukateja.

Dalam pesta siaga itu, lanjut Yusuf,digelar berbagai lomba ketrampilan. Diantaranya, bidang   keagamaan,  kebudayaan, ketangkasan, pengetahuan, yel yel, puisi, tali temali, baris berbaris, kompas, kepribadian, dan bumbung kemanusiaan.

Kamabiran Bukateja Drs Imam Sujono  ketika membuka pesta siaga  tersebut mengemukakan, gerakan pramuka yang menyelenggarakan pendidikan bagi generasi muda  berperan sebagai laboratorium untuk kaderisasi kepemimpinan bangsa.
Oleh karena itu, lanjut Imam Sujono, gerakan pramuka kedepan hendaknya diarahkan pada upaya pemantapan gerakan dalam rangka memperkuat karakter generasi muda yang unggul dan mampu mempertahankan nilai-nilai bangsa.

“Melalui kegiatan Pramuka,marilah kita bersatu padu membangun manusia yang memiliki karakter, dan membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Tidak hanya insan yang cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga insan yang tangguh dalam kepribadiannya, ” ajak Imam Sujono. (BNC/Tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response