Puluhan HA Hutan Mangrove Cilacap Rusak Parah

Ditulis 14 Des 2009 - 20:16 oleh Banyumas1
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
82
Dalam Tag

CILACAP-Jutaan pohon mangrove yang berada di tepian laut Cilacap kondisinya sudah sangat memprihatinkan, akibat penebangan liar untuk kayu bakar. tumbuhan yang menjadi pemijahan ikan itu kini rusak parah. Aktivis Lingkungan dan Pertamina Minggu (13/12) kemarin melakukan penanaman pohon mangrove di sejumlah lokasi.

Kondisi hutan mangrove yang berada di sekitar Kampung Laut dan pulau Nusakambangan sebagian rusak akibat pendangkalan yang dilakukan secara terus menerus di komplek industri. Sementara mangrove lainnya rusak dan hilang akibat penebangan untuk keperluan kayu bakar.

Dari 15 hektar hutan mangrove yang ada di sekitar Kampung Laut misalnya, kini separonya sudah rusak parah.

Untuk mengatasi hal tersebut puluhan aktivis lingkungan bekerjasama dengan Prtamina Clacap melakukan penanaman sejuta pohon. benih benih ini ditanam di beberapa titik okasi yang hutan magrove yang telah punah.

“ Penanaman ini dalam rangka kepedulian Pertamina terhadap lingkungan. Kami akan melakukan secara bertahap hngga nantinya mencapai jutaan benih,” ujar Kahupmas UR IV Cilacap, Kurdi.

Diharapkan pada sepuluh tahun ke depan disekitar areal industri akan dihijaukan dengan hutan mangrove yang lebat. Slain sebagai upaya melestarikan lingkungan, hutan ini akan menjadi tempat pemijahan ikan yang srategis (banyumasnews.com/tin)

Penanaman Mangrove di kampung Laut Cilacap (foto:tin/BNC)

Penanaman Mangrove di kampung Laut Cilacap (foto:tin/BNC)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Raden Pucuk Pinus 14/12/2009 pukul 21:54 -

    Syukurlah kl sudah sadar…. tp jgn lupa habis ditanam harus dirawat… jgn cuma menanam ja….

Leave A Response