Tertipu Lotere Palsu, Pria India ini Tempuh Jarak 1.700 KM untuk Ambil Hadiah

Ditulis 08 Feb 2014 - 19:25 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
111
Dalam Tag
ratan kumar malbisoi, tipuan telepon

Ratan Kumar Malbisoi, pria polos yang menempuh jarak 1.700 km lebih untuk mengklaim hadiah. (Foto: BBC)

NEW DELHI (BanyumasNews.com) – Polos benar pria India bernama Ratan Kumar Malbisoi ini. Suatu ketika lelaki berusia 41 tahun ini menerima pesan singkat yang mengatakan dirinya memenangkan lotere berhadiah 30 juta rupee, atau setara Rp 5,8 miliar!

Terang saja lelaki yang berdomisili di sebuah pelosok di pedalaman Odhisa, sebuah negara bagian yang dulunya bernama Orissa, ini senang bukan kepalang. Latar pendidikannya tak membuatnya sadar bahwa sms tersebut hanya upaya tipu-tipu sekelompok penjahat yang menginginkan sejumlah uang darinya.

Alih-alih mengabaikan sms tersebut, Ratan Kumar justru mengontak nomor yang tertera di dalam pesan singkat tersebut. Tentu saja maksudnya untuk mengurus hadiah yang dijanjikan si pengirim sms.

“Pesan itu mengatakan aku memenangkan lotere yang diadakan BBC dengan hadiah 20-30 juta rupee. Aku diminta untuk mengirimkan data-data pribadiku untuk keperluan pengambilan hadiah,” tuturnya kepada perwakilan BBC di New Delhi.

Diminta Membayar “Biaya Administrasi”
Ratan Kumar menurut saja. Ia mengirim email berisi data-data pribadinya beserta no rekening bank ke alamat email yang diberikan si penipu. Tak lama berselang ia mendapat telepon yang mengaku sebagai “perwakilan BBC”. Baca selanjutnya…

Pages: 1 2
Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response