Melongok Kampung Durian di Desa Karangsalam

Ditulis 05 Feb 2014 - 21:24 oleh Nanang BNC
Durian lokal asal Karangsalam Kemranjen .Banyumas rasanya khas (foto:nan)

Durian lokal asal Karangsalam Kemranjen .Banyumas rasanya khas (foto:nan)

ANDA penggemar buah Durian? Ternyata durian lokal yang banyak beredar selama ini berasal sebuah Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen Banyumas  Jawa Tengah. Tak heran jika kemudian dikenal sebagai kampung durian. karena di desa ini hampir 80 persen warganya merupakan petani durian. Sawah dan pekaranganpun disulap menjadi perkebunan durian. hasilnya, banyak dari mereka yang kemudian menjadi petani sukses.

durenDalam kurun waktu lima tahun terakhir desa ini dikenal oleh masyarakat indonesia, karena buah duriannya. Penjualan hasil pertanian buah  ini tak hanya di Jawa namun hingga ke Sumatra, Kalimantan bahkan ke Malaysia.

Semula mereka hanya menanam di kebun, namun kini pohon-pohon tersebut hampir dapat kita lihat ada dihalaman rumah warga. pohonya yang pendek, memudahkan kita memanennya.

Produksi durian ini tersebar se antero Indonesia bahkan luar negeri (foto:nan)

Produksi durian ini tersebar se antero Indonesia bahkan luar negeri (foto:nan)

Di desa ini banyak menghasilkan buah durian lokal dengan nama yang unik unik antara lain

nama wayang seperti, Bawor, Petruk, Bluwuk, Kumbo Karno, dan Durian Kuning Mas. Durian ini merupakan okulasi dengan durian impor.

“Satu pohon , bisa menghasilkan 20 hingga 30 buah durian dengan bobot sekitar 16 kilogram.

Ciri khas durian lokal desa alas malang ini kulitnya tipis , dagingnya besar dan empuk serta rasanya manis. sehingga untuk satu durian saja kita sudah cukup kenyang memakannya, “ Saridi, petani durian.

duren4 duren1 duren2 duren3Rasa khas durian lokal desa inilah yang membuat banyak diminati pembeli hingga tersebar ke luar negeri. Harga durian lokal ini tergolong murah, karena untuk satu butir buah ukuran sedang hanya 25 ribu rupiah. Jika anda penasaran, datang saja ke desa Karangsalam di Kemranejn Banyumas ini.

 

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. Widianto 22/03/2017 pukul 09:05 -

    Salam kadang banyumas,
    Assalamualaikum,
    Monggo usaha tani duren dipun kembangaken malih kanti saestu. Promosi utawi ngnalaken duren banyumas inggih saestu perlu sanget supados duren karangsalam langkung terkenal malih.
    Carane inggih damel pameran produk mulai bibit ugi buah. Ugi ingkang lerlu sanget inggih puniko, njaga kualitas produk utamanipun buah duren, supados mboten nguciwani konsumen. Mangke menawi konsumen cuwo nggeh kapok, mboten tumbas duren karangsalam malih, ingkang rugi sinten….?
    Pramilo puniko, monggo kadang karangsalam sesarengan mbangun perekonomian kampung kulo lan panjenengan sedoyo….
    Wassalam,….
    Widhie

Leave A Response