Satlinmas Banjarnegara Terima Pembekalan

Ditulis 05 Feb 2014 - 18:03 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
140
Dalam Tag

satlinmasBANJARNEGARA (BanyumasNews.Com ) – Sebanyak 200 Peserta mengikuti Kegiatan Orientasi dan Pembekalan Satlinmas Dalam PAM Lingkungan Tahun 2014 di Ruang Aula Sasana Bhakti Praja Setda Kabupaten Banjarnegara, Rabu (5/2). Mereka terdiri dari Pembina Linmas Kecamatan dan anggota Satuan Pelindung Masyarakat (Satlinmas) yang tersebar di 20 Kecamatan dalam Kabupaten Banjarnegara. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan Kantor Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Banjarnegara.

Ketua Panitia Penyelenggara, Tatik Sugiarti, S.Sos dalam laporan kegiatannya mengatakan, maksud dari kegiatan ini yakni untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bagi anggota Satlinmas dalam ikut membantu mengamankan Lingkungan 2014 serta mendukung sukses penyelenggaraan keamanan dan ketertiban Pemilu 2014.

“Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini yakni agar anggota Satlinmas lebih mampu dan terampil dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat, khususnya dalam mendukung kesuksesan, keamanan dan ketertiban Lingkungan 2014” katanya.

Tatik Sugiarti, S.Sos menjelaskan, materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini ada 3 materi pembahasan, yakni Pengarahan Orientasi dan Pembekalan Satlinmas dalam PAM Lingkungan, Tugas dan Fungsi Satlinmas dalam PAM Lingkungan, serta Kesiapan Satlinmas dalam Pengamanan Lingkungan.

“Metode penyampaian materi dilaksanakan secara ceramah dan Tanya jawab” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Linmas Badan Kesbang, Politik dan Linmas Provinsi Jawa Tengah, Drs. Noor Hadi, S.H., M.Si yang membacakan Sambutan Kepala Badan Kesbang, Politik dan Linmas Provinsi Jawa Tengah, Drs. Achmad Rofai, M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini selaras dengan Misi Ke-1, 4 dan 5 Gubernur Jawa Tengah Tahun 2013-2018.

“Misi ke-1 yakni Membangun Jawa Tengah berbasis Trisakti Bung Karno, Berdaulat di Bidang Politik, Berdikari di Bidang Ekonomi dan Berkepribadian di Bidang Kebudayaan” katanya.

Adapun Misi ke-4 yakni Memperkuat kelembagaan sosial masyarakat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Dan Misi ke-5 yakni Memperkuat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan dan proses pembangunan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Menurut Drs. Noor Hadi, S.H., M.Si kegiatan ini merupakan sebuah pembekalan bagi para anggota Linmas untuk selalu memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

“Terwujudnya keamanan wilayah dengan berbasis masyarakat telah menjadi komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Tengah” katanya.

Berkenanan dengan komitmen tersebut, maka untuk menciptakan suasana ketertiban dan keamanan di seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah, keterlibatan peran seluruh lapisan masyarakat sangat diperlukan.

“Anggota Satlinmas sebagai bagian dari masyarakat yang anggotanya terbentuk dari pengorganisasian masyarakat, perlu memantapkan penguasaan kemampuannya dalam bidang kelinmasan dalam rangka ikut menjaga ketertiban dan keamanan lingkungan di wilayahnya” kata Drs. Noor Hadi, S.H., M.Si.

Pada Kesempatan yang sama, Kepala Kantor Kesbangpolinmas Kabupaten Banjarnegara, Hery Poerwanto, S.E., M.Si dalam penjelasan materinya yang berjudul Tugas dan Fungsi Satlinmas dalam PAM Lingkungan mengatakan Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksaakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial masyarakat.

Dengan demikian, perlindungan masyarakat tidak hanya berperan dalam hal pertahanan dan keamanan, namun fungsi “perlindungan”memiliki kaitan terhadap semua bidang tata kehidupan masyarakat.

“Jadi, fungsi Linmas bisa berkaitan dengan bidang kesehatan, pendidikan, dan bisa disinergikan dengan program yang sedang berjalan seperti program ekonomi kerakyatan, wisata, budaya, kabupaten layak anak dan lain sebagainya” katanya. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response