Belasan Guru Honorer Mengadu ke Dewan

Ditulis 05 Feb 2014 - 17:54 oleh Yit BNC

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Belasan guru honorer yang tergabung dalam Forum Honorer Pendidik dan Tenaga Kependidikan Purbalingga (Honorer Non-K), mengadu ke DPRD Purbalingga, Rabu (5/2). Mereka mengadukan soal tingkat kesejahteraan dan payung hukum dari pemerintah tentang keberadaan mereka. 

Ketua FHPTKP, Abas Rohadi mengatakan, banyak dari pihak luar melihat bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat di Purbalingga cukup tinggi. Namun hal ini bertolak belakang dengan kondisi nasib guru honorer. “Sudah beberapa tahun kami mengabdi, namun honor kami hanya di kisaran Rp 200 ribu per bulan. Padahal banyak dari kami yang harus menafkah keluarga. Sedangkan tuntutan kerja kami sama seperti PNS,” katanya.

Abas mengatakan, guru honorer tidak bisa ikut sertifikasi, padahal syarat lama mengabdi sudah memenuhi dan sudah memiliki nomor unik tenaga pendidik dan kependidikan (NUPTK). Selain itu, pemerintah sangat kurang memperhatikan nasib guru honorer. Sebagai contoh, di salah satu sekolah, tenaga pendidik honorer hatus mendapat beban mengajar 28 jam per minggu dengan tambahan tugas sebagai wali kelas, pemimbing ekstrakulikulier dan tugas tambahan lainnya.

Selain itu, mereka hanya mendapat dari bantuan operasional sekolah (BOS), itu pun dibatasi penggunaan tidak boleh lebih dari 20 persen. “Dan yang pasti, kami tidak berada dalam payung hukum mana pun, padahal di lapangan tenaga kami benar-benar dibutuhkan dan jumlah kami banyak tersebar di hampir tiap sekolah negeri di Purbalingga,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD PUrbalingga, Tasdi mengatakan, pihaknya menerima apa yang dikeluhkan oleh para guru honorer tersebut. Hasilnya, akan ditindaklanjuti dengan berdialog dengan pemkab dalam hal ini bupati serta dinas terkait.

“Kami juga akan memperhatikan aspek hukum, bagaimana mencari solusi terbaik tetapi tidak menyalahi aturan,” katanya. Tasdi juga menyarankan kepada para guru honorer tersebut untuk menyurati Bupati perihal tersebut. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response