Presiden SBY Tinjau Perbaikan Jalan di Pekalongan

Ditulis 04 Feb 2014 - 21:18 oleh Eko Nurhuda
Presiden SBY

Presiden SBY meninjau jalan rusak akibat banjir di Pekalongan. (Foto: Setneg)

Pekalongan (BanyumasNews.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung ke Kota Pekalongan, Selasa (4/2) sore WIB. Kedatangan Presiden untuk meninjau kondisi jalan pantai utara Jawa yang rusak parah akibat tingginya curah hujan di wilayah tersebut.

Presiden datang menggunakan kereta api dari Cirebon. Bersama rombongan Kepala Negara tampak Ibu Negara Ani Yudhoyono dan sejumlah menteri kabinet. Di antaranya Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menparekraf Mari Elka Pangestu, Menkes Nafsiah Mboi, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, dan Menhut Zulkilfli Hasan.

Rombongan Presiden SBY turun di Stasiun Kota Pekalongan dan disambut oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Usai ramah-tamah sebentar, Presiden bersama rombongan lagsung menuju lokasi perbaikan jalan di Jl. Mayjen S. Parman, Kota Pekalongan. Di bawah guyuran gerimis, Kepala Negara tampak serius menyimak uraian Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak yang menjelaskan titik-titik kerusakan jalan.

Dalam uraiannya Wamen PU menerangkan curah hujan yang tinggi sejak 17 Januari telah membuat sebagian besar jalan di Kota dan Kab. Pekalongan rusak parah. Kerusakan jalan tersebut meliputi jalur Pantura yang menghubungkan Pekalongan dengan Pemalang-Tegal-Brebes-Cirebon.

Perbaikan Fungsional
Masih menurut Hermanto, dari total jalur Pantura yang sepanjang 410 kilometer, sekitar 30% atau 130 km mengalami kerusakan. Adapun perbaikan yang sekarang dilakukan hanya bersifat fungsional dan temporer mengingat hujan yang masih sering turun tak memungkinkan dilakukan perbaikan total.

“Semua yang berlubang harus ditutup jadi kita praktis tanggap darurat supaya fungsional dan kendaraan bisa lewat,” kata Hermanto kepada Presiden.

Menanggapi laporan Wamen PU, Presiden menginstruksikan agar perbaikan jalan tersebut diselesaikan tepat waktu. “Semoga perbaikan dilaksanakan tepat waktu,” kata Presiden.

Sejak 2 Februari lalu Presiden melakukan serangkaian kunjungan kerja ke Jawa Barat dan Kawa Tengah menyusul banjir yang menimpa kedua provinsi. Pekalongan merupakan kota terakhir dalam rangkaian kunjungan kerja Presiden yang berakhi pada 5 Febuari.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response