Timnas U-19 Menang di Laga Perdana Tur Nusantara

Ditulis 04 Feb 2014 - 02:19 oleh Joko Pujakesuma
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
206
Dalam Tag
timnas u-19, ilham udin armain

Timnas U-19 merayakan gol Ilham Udin Armain, Senin (3/2) malam.

SLEMAN (BanyumasNews.Com) – Timnas U-19 mengawali rangkaian uji coba bertajuk Tur Nusantara dengan baik. Menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Senin (3/2) malam WIB, tim asuhan pelatih Indra Sjafrie menang 3-1.

Tiga gol timnas dicetak oleh Ilham Udin Armaiyn yang menyumbang dua gol, serta satu gol oleh Septian David Maulana. Sedangkan gol balasan PSS dilesakkan oleh Mudah Yulianto di pertengahan babak kedua.

Evan Dimas cs. tak perlu menunggu lama untuk membobol gawang PSS. Laga baru berjalan seperempat jam, Ilham Udin sudah membuat jala gawang Laskar Sembada bergetar. Gol berawal dari pergerakan Muchlis Ning Hadi Syaifullah yang sukses melewati dua pemain belakang lawan. Muchlis lalu memberi umpang silang pada Ilham Udin yang sudah siap menunggu bola. Tanpa ampun pemain muda asal Makassar ini menaklukkan kiper Aji Saka.

Gol kedua Garuda Jaya lahir 12 menit berselang. Kali ini Ilham memanfaatkan bola liar hasil tendangan bebas Evan Dimas. Bola yang sempat membentur pemain PSS ia belokkan ke gawang sehingga kembali mengecoh Aji Saka. 2-0 timnas U-19 memimpin skor di akhir babak pertama.

Indra Sjafrie Belum Puas
PSS tak mau malu di rumah sendiri. Di babak kedua tim berseragam hijau ini mampu memperkecil ketertinggalan melalui kaki Mudah Yulianto pada menit ke-70. Tapi timnas U-19 segera memberi respon. Hanya berselang lima menit dari gol PSS, tendangan voli Septian David Maulana membuat skor kembali menjauh.

Meski menang telak melawan tim yang mayoritas diisi pemain senior, pelatih Indra Sjafrie masih belum puas. Ia menilai anak-anak asuhnya masih banyak membuang peluang sehingga hanya bisa mencetak tiga gol.

“Di setiap ujicoba kami mempunyai tujuan yg berbeda, jika malam ini ball possession, nanti kami akan evaluasi. Sudah berhasil atau belum, kalau belum akan kami coba lagi. Tadi dari sekian banyak peluang cuma tiga yg masuk,” ujar pelatih asal Tanah Minang ini kepada media usai pertandingan.

“Tujuan ujicoba timnas U-19 adalah belajar untuk tidak cepat kehilangan bola, bagaimana keluar dari pressure,” tambahnya. “Kami harus memperbaiki defend, tadi masih kebobolan satu gol.”

Tak lupa Indra membuat anak-anak asuhannya untuk tak segera jumawa dengan hasil ini. Sang pelatih mengingatkan, meski menang masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Evan Dimas dkk.

“Permainan timnas U-19 tidak sempurna dan banyak melakukan kesalahan-kesalahan yang akibatnya bisa fatal dan tadi terjadi di beberapa serangan yang dilakukan PSS Sleman. Ke depan kami akan perbaiki, penguasaan bola penting tapi harus lebih konstruktif. Jangan sampai lama menahan bola tapi tidak pernah bikin gol. Saya melihat ada hal positif yang dilakukan timnas U-19,” pungkasnya.

Timnas U-19 bakal melanjutkan Tur Nusantara dengan menghadapi Persiba Bantul pada Rabu (5/2) mendatang.

Tentang Penulis

Leave A Response