Luapan Sungai Comal Rendam 6 Kecamatan di Pemalang

Ditulis 02 Feb 2014 - 19:21 oleh Eko Nurhuda
banjir pemalang, pemalang banjir

Luapan Sungai Comal sempat melumpuhkan jalur Pantura di ruas Ulujami-Petarukan.

PEMALANG (BanyumasNews.com) – Meluapnya Sungai Comal di Kabupaten Pemalang, Minggu (2/2) pagi membuat setidaknya enam kecamatan yang dilalui sungai tersebut terendam banjir dengan ketinggian bervariasi antara 0,3-1 meter.

Akibat luapan Sungai Comal, jalur Pantura sempat lumpuh total karena badan jalan sepanjang tiga kilometer tergenang air hingga setinggi 50 cm.

Adapun enam kecamatan yang terendam air luapan Sungai Comal adalah Kecamatan Ulujami, Kec. Comal, Kec. Ampelgading, Kec. Petarukan, Kec. Bodeh, dan sebagian wilayah Kec. Pemalang.

Kec. Comal dan Ampelgading yang berada di hilir sungai menjadi wilayah terparah yang tergenang air. Ketinggian air di Desa Sidokare, Kec. Ampelgading; Desa Panjunan, Kec. Petarukan; dan Desa Mendowo, Mojo, Kebagusan, dan Losari di Kec. Comal tergenang air hingga setinggi 1 meter.

Akibatnya warga mengungsi ke tempat yang aman karena rumah mereka tidak bisa ditinggali.

Bagi warga Ulujami, banjir ini merupakan yang kedua kali dalam rentang sebulan. Januari lalu sejumlah desa di kecamatan tersebut dihajar banjir dan menyebabkan 3000 jiwa mengungsi hingga ke Pekalongan.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response