Omset Pasar Lelang Agro Barlingmascakeb capai Rp 18,6 milyar

Ditulis 15 Jul 2009 - 23:31 oleh Sista BNC

Pasar lelang komoditi agro Barlingmascakeb yang digelar di Banjarnegara Rabu (15/7) mampu menyerap transaksi sampai Rp 18,6 milyar. Transaksi tertingi pada komoditas beras, tembus Rp 6 milyar.
Ketua lelang, Willy mengatakan jenis komoditas yang ditransaksikan meliputi beras, jagung, gula kelapa, kentang cabe, sayur mayur, empon-empon, kacang tanah, berbagai jenis ikan air tawar dan beberapa komoditas pertanian lainnya. Pada pasar lelang yang digelar kemarin ada dua komoditas baru yang dilelang. Yaitu kotoran kambing dan beras organik. Kotoran kambing ditawarkan oleh salah satu peternak dari daerah Jeruk Legi Cilacap. Total mencapai 100 ton. Komoditas ini dibeli oleh petani dari Banjarnegara dengan harga Rp 350 per kilogram.
“Komoditas ini baru pertama kali ditransaksikan pada pasar lelang. Dan ternyata cukup potensial masuk transaksi bila dalam jumlah besar. Selain itu cukup banyak peminatnya. Apalagi tempat pasar lelang kali ini di Banjarnegara yang rata-rata penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani,” jelas Willy.
Sementara beras organik ditawarkan oleh petani dari Purbalingga. Jumlahnya mencapai 50 ton. Beras ini merupakan beras kualitas terbaik pada pasar lelang tersebut dan mencapai harga tertinggi untuk komoditas beras. (banyumasnews.com/pyt))

Tentang Penulis

Leave A Response