Menikmati Petualangan di Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Ditulis 02 Feb 2014 - 16:19 oleh Yit BNC
Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karngmojo, Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta.

Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karngmojo, Wonosari Gunungkidul, Yogyakarta.

WONOSARI (BanyumasNews.Com)  – Bosan liburan di kota besar? Coba sesekali berlibur ke Goa Pindul di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta. Goa satu ini memilki keindahan yang unik dan dapat menjadi salah satu tempat pilihan keluarga untuk menghabiskan liburan akhir pekan.

DSCN7007Goa ini mulai diperkenalkan pada akhir 2010. Salah satu yang menarik adalah kekayaan stalaktit dan stalakmit berumur ribuan tahun yang terdapat di dalam goa. Sepanjang 350 meter di dalam goa mengalir sungai. Untuk Anda yang takut berenang, tak perlu takut karena aliran sungainya sangat tenang dan pengunjung diberi jaket pelampung.

pindul4Menyusuri sungai dengan menggunakan perahu karet sudah menjadi hal biasa, namun jika menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung dan masuk ke dalam goa akan menjadi pengalaman yang sangat mengasyikkan.

Di obyek wisata ini dikelola oleh tujuh kelompok. Namun, sejatinya hanya ada dua kelompok sadar wisata yang mengelola obyek itu. Kelompok lainnya boleh dibilang, seperti menjual jasa kunjungan wisata.

Untuk menuju tempat ini, wisatawan yang menggunakan mobil pribadi, tetap harus hati-hati. Ketika jarak masih jauh dari lokasi, sudah ditawarkan oleh penjual jasa. Bahkan, ketika dari arah Yogyakarta, saat melewati jalan menanjak, dalam jarak 25 kilometer sudah ditawari arah masuk ke Goa Pindul. Tentu pengunjung harus hati-hati. Jika perlu, kendaraan anda dilengkapi dengan GPS, dan tinggal setting saja arah ke Desa Bejiharjo atau arah ke Goa Pindul. Yakin akan sampai di lokasi dan tidak jadi sasaran calo.

Pengelola oleh Kelompok Sadar Wisata ‘Dewa Bejo’ (Desa Wisata Bejiharjo telah menyiapkan semua peralatan khusus yang dibutuhkan oleh pegunjung, seperti pelampung, sepatu, dan lampu senter.

Sambil menikmati keremangan cahaya goa serta sejuknya air sungai, si pemandu akan menceritakan asal usul goa ini. Banyak ornamen alami yang terdapat di dalam goa. Kita boleh berbangga karena salah satu stalaktit di Goa Pindul merupakan stalaktit terbesar dan terpanjang di Indonesia.

pindul5Selain itu, di dalam goa juga terdapat batu gong, disebut demikian karena apabila batu tersebut dipukul akan mengeluarkan suara menyerupai gong. Kealamian goa masih sangat terjaga, terbukti dari banyaknya kelelawar yang masih bersarang dan tinggal di dalam goa.

Harga tiket untuk sejumlah paket yang ditawarkjan bervariasi. Untuk cave tubing hanya Rp 30 ribu per orang. Untuk paket tubing sungai Oya Rp 45 ribu. Disekitar tempat ini, penjual makanan dijamin tidak menaikan harga. Semuanya wajar dan boleh dibilang masih murah. (BNC/tgr)

pindul11

 

Tentang Penulis

Leave A Response