Kejurnas Riverboarding dan Sejajar Indonesia II

Ditulis 02 Feb 2014 - 16:11 oleh Yit BNC
Even langka riverboarding akan diselenggarakan di sungai Klawing Purbalingga.

Even langka riverboarding akan diselenggarakan di sungai Klawing Purbalingga.

PURBALINGGA (BanyumasNewws.Com)  – Kejuaraan Nasional Riverboarding (selancar sungai) diselenggarakan di sungai Klawing Purbalingga, tanggal 22 hingga 23 Pebruari 2014. Kegiatan yang masih tergolong langka itu rencanannya akan dihadiri oleh sedikitnya 100 riverboarder dari seluruh indonesia.“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Jabodetabek Riverboarding, Owabong dan Komunitas Kayak Tirtaseta Purbalingga. Kami didukung IRA (Indonesian Riverboarding Association), Dinas Pariwisata Jateng, dan Pemkab Purbalingga,” tutur Kabag Marketing Perusda Obyek Wisata Air Bojongsari (Owabong) Eko,  Minggu (2/2).

Mengacu pada kejuaraan dunia yang diselenggarakan di sungai citarum bandung jawa barat november tahun lalu, kelas yang dipertandingkan di sungai Klawing meliputi boarder cross. Spot lomba di wilayah desa Tangkisan kecamatan Mrebet dengan jarak kurang lebih 400 meter. Dan enduro cross, dengan spot lomba dari garis start di desa Tangkisan dan garis finish di desa Onje sepanjang kurang lebih 7 kilometer.

“Kejurnas ini sesungguhnya merupakan seriesnya kejuaraan nasional yang menjadi haknya JR (Jabodetabek Riverboarding). Tapi pelaksanaannya dipindahkan ke sungai Klawing di Purbalingga. Disini, JR bekerja sama dengan Owabong dan Komunitas Kayak Tirtaseta dan owabong. Alasannya potensi sungai yang bersih dan perlu dilestarikan dan komunitas riverboarding yang masih perlu dikembangkan.

Tidak sekadar ciblon di sungai dengan papan (board), di ajang kejurnas juga disisipi kegiatan Sarasehan Jajaran Riverboarder Indonesia (Sejajar) II. Sarasehan ini akan melibatkan masyarakat umum, termasuk mahasiswa, pelajar dan aktifiis olaharga sungai.
Ketua Komunitas Kayak Tirtaseta, Toto Triwindarto menyebutkan, Posisi Purbalingga yang strategis berada di tengah pulau jawa menjadi hal yang menguntungkan untuk kemudahan kedatangan bagi para boarder di seantero negeri.

Kehadiran dan keterlibatan Komunitas Kayak Tirtaseta dalam event-event yang diselenggarakan para riverboarder sebelumnya juga hal yang tak bisa diabaikan yang akan membuat mereka datang meramaikan hajat besar ini.
“Para rafter (pengarung jeram) dan kayaker juga sudah menyatakan kesediaannya hadir memeriahkan acara di sungai Klawing,” ujar instruktur kayak berlisensi internasional tersebut.

Selain hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah, pemenang kejurnas riverboarding akan mendapat piala yang terbuat dari batu sungai Klawing. Piala dari batu itu untuk menampilkan kekayaan potensi lokal batu mulia purbalingga.  (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response