Porsche Pamerkan Mobil Pertama yang Diproduksi 100 Tahun Lalu

Ditulis 01 Feb 2014 - 12:35 oleh Ratna Dewi
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
154
Dalam Tag
mobil pertama Porsche, mobil listrik Porsche

Begini penampakan mobil pertama rancangan Ferdinand Porsche. (ist)

BanyumasNews.com – Siapa tak kenal Porsche? Merek yang identik dengan mobil-mobil mewah ini segera memamerkan mobil yang pertama kali dirancang oleh Ferdinand Porsche dan Jacob Lohner, para pendiri perusahaan, pada tahun 1898.

Mobil pertama yang jadi cikal bakal Porsche adalah sebuah mobil listrik dari kayu bernama Egger-Lohner C.2 Phaeton alias P1. Mobil ini memiliki dapur pacu seberat 130 kg yang bisa menghasilkan 5 tenaga kuda. Ini sudah terhitung besar untuk ukuran masa itu.

Sekali di-charge, mobil listrik buatan Porsche-Lohner ini mampu menempuh jarak 80 km dan melesat dengan kecepatan 35 km/jam. Lagi-lagi, ini sudah terhitung cepat untuk jaman itu. Bahkan yang tercepat.

Buktinya, mobil listrik ini pernah mengikuti sebuah balapan khusus kendaraan listrik pada tahun 1899. Reli mobil listrik masih dianggap sesuatu yang berat kala itu. Toh, hasil kreasi Porsche-Lohner ini mampu tampil sebagai pemenang setelah melewati garis finish dan unggul 18 menit dari mobil di belakangnya.

Mobil P1 yang dirancang ketika Ferdinand Porsche baru berusia 21 tahun ini kemudian disimpan di sebuah gudang tua di Austria sejak 1902. Pada tahun 1948, Porsche mendirikan perusahaan mobil yang memproduksi kendaraan bermerek nama belakangnya. Porsche kemudian berkembang hingga kini dikenal sebagai mobilnya orang kaya.

Meski mobil pertama yang dirancang pendirinya adalah sebuah mobil bertenaga listrik, namun Porsche tak pernah meluncurkan mobil listrik. Yang mendekati hanya Panamera hybrid dan 918 Spyder yang menggabungkan tenaga mesin dan motor lisrik.

Mobil pertama Porsche akan dipamerkan di Museum Porsche di Stuttgart, Jerman.

Tentang Penulis

Ibu dua anak, pengelola toko online. Kontributor BanyumasNews.com, tinggal di Kec. Taman, Pemalang.

Leave A Response