Banjir Bandang Lumpuhkan Akses Malang-Kediri

Ditulis 01 Feb 2014 - 07:44 oleh Eko Nurhuda

BanyumasNews.com – Banjir bandang terjadi di Desa Ngantang, Kecamatan Pujon, Kab. Malang, Jawa Timur, pada Jumat (31/1) pukul 19.32 WIB. Banjir diikuti dengan tanah longsor di beberapa tempat. Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Malang-Kediri lumpuh.

Menurut keterangan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (1/2), tanah longsor terjadi di beberapa desa di Kecamatan Pujon. Di Dusun Talasan Desa Sukomulyo, longsor kurang-lebih 10 meter terjadi pada pukul 17.30 WIB.

Longsoran tanah menutupi jalan provinsi yang menghubungkan Pujon-Ngantang. Sempitnya bidang jalan yang tersisa membuat jalan hanya bisa dilalui kendaraan secara bergantian dengan sistem buka-tutup.

Banjir bandang juga menyebabkan putusnya sebuah jembatan di Dusun Kedungrejo arah ke Desa Bendosari Kecamatan Pujon. Peristiwa ini terjadi pada pukul 17.45 WIB. Seorang operator yang sedang memperbaiki excavator di aliran sungai hanyut terbawa air dan sampai saat ini belum ada kabar.

Pukul 17.55 WIB, sungai Konto di Dusun Tretes Ngepre meluap membanjiri jalan raya Pujon-Ngantang sehingga membuat jalan tersebut tak bisa dilewati.

“Banjir bandang dan longsor mengakibatkan akses jalan Malang-Kediri lumpuh dan ditutup sementara termasuk memutus akses jalan Batu-Pujon serta hanyutnya jembatan utama di perbatasan Pujon-Ngantang, yang memutus akses utama Pujon-Ngantang dan arah Kediri Jombang,” demikian kata Sutopo dalam rilisnya.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response