Tepat Hari Imlek, Puluhan Rumah Terbakar di Kotabaru

Ditulis 01 Feb 2014 - 07:00 oleh Eko Nurhuda
kebakaran, rumah kebakaran

ilustrasi

KOTABARU (BanyumasNews.com) – Alih-alih bergembira merayakan tahun baru Tionghoa, puluhan warga di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, justru sedih karena rumah mereka terbakar habis.

Jumat (31/1), sebanyak 13 unit rumah di Jl. Demang Leman, Kotabaru, dilalap si jago merah. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kotabaru, dari 13 rumah tersebut tujuh di antaranya hangus terbakar sedangkan sisanya rusak sebagian.

“Sebanyak 55 jiwa warga RT 7 di Desa Dirgahayu tersebut telah kehilangan tempat tinggal bertepatan libur Imlek ini,” kata Martono, Kepala BPBD Kabupaten Kotabaru.

Para korban saat ini ditampung di Balai Desa Dirgahayu. Pemerintah Kabupaten Kotabaru juga membangun dapur umum untuk memenuhi kebutuhan konsumsi para korban.

“Para korban juga telah dibantu oleh Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani yang datang langsung ke lokasi kebakaran,” tambahnya.

Penyebab kebakaran masih terus digali oleh pihak berwenang. Berita baiknya, tak ada korban juwa dalam peristiwa ini meskipun kerugian material ditaksir mencapai Rp 1 miliar.

Kebakaran ini bukan kejadian pertama di Kotabaru pada Imlek tahun ini. Malam sebelumnya, 30 unit rumah di Gagang Dirgahayu juga diamuk api. Sekitar 68 kepala keluarga yang terdiri dari 168 jiwa terpaksa mengungsi karena rumahnya ludes terbakar.

BPBD Kotabaru dan Disnakertransos membuatkan tenda-tenda pengungsian di sekitar lokasi kebakaran. Namun sebagian warga memilih menumpang di rumah sanak keluarga.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response