PT KAI Bakal Luncurkan KA Kamandaka Jurusan Purwokerto-Tegal-Semarang

Ditulis 01 Feb 2014 - 06:45 oleh Eko Nurhuda
kereta api, kereta

ilustrasi

PURWOKERTO (BanyumasNews.com) – Perseroan Terbatas Kereta Api Indonesia (PT KAI Persero) berencana mengoperasikan KA Ekonomi AC Kamandaka jurusan Purwokerto-Tegal-Semarang pergi pulang (pp) mulai 17 Februari 2014.

Manajer Hubungan Masyarakat PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto, Surono, Jumat (31/1) lalu mengatakan, peluncuran KA Kamandaka ini adalah tindak lanjut dari kebijakan PT KAI yang berniat menghubungkan seputaran (loop) kota-kota utama di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Rencana peluncuran KA Kamandaka merupakan sebuah terobosan. Selama ini jalur kereta api di Pulau Jawa terbagi dua, selatan dan utara. Kota-kota di utara tidak terhubung secara langsung oleh jalur kereta dengan kota-kota di selatan. Akibatnya, sebagai contoh, warga Banyumas tak bisa pergi ke Semarang menggunakan kereta api.

PT KAI lalu mencoba menghubungkan kota-kota di sebelah selatan Jawa dengan wilayah utara. Lahirlah KA jurusan Solobalapan-Semarang (pp) dan KA Blora Ekspres jurusan Solobalapan-Blora (pp).

Tahun ini, PT KAI meluncurkan KA Kamandaka yang menghubungkan Purwokerto di selatan dengan Semarang di utara secara langsung via Tegal. Selain KA Kamandaka, bulan ini PT KAI juga meluncurkan dua kereta api baru, yakni KA Ajisaka jurusan Yogyakarta-Kutoarjo (pp) dan KA Kalijaga rute Purwosari-Solo-Semarang (pp).

KA Ajisaka sendiri mulai dioperasikan pada 1 Februari ini, sedangkan KA Kalijaga direncanakan mulai beroperasi pada 15 Februari 2014.

“Sama seperti KA Ajisaka, KA Kalijaga dan KA Kamandaka ini juga akan menggunakan rangkaian gerbong ekonomi AC,” kata Surono.

Surono menambahkan, peluncuran tiga rute baru di wilayah Jateng-DIY ini merupakan bagian dari rencana PT KAI yang akan mengoperasikan 16 kereta api penumpang untuk mengisi rute baru dan penambahan rute-rute lainnya yang sudah ada saat ini di seluruh Jawa. Ke-16 KA penumpang tersebut bakal mulai dioperasikan pada Februari ini.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response