Pemilihan Wabup Dijadwalkan 10 Februari

Ditulis 28 Jan 2014 - 18:39 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
131
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) Pemilihan Wabup DPRD Purbalingga bekerja secara marathon guna merampungkan penyusunan tatib dan aturan hukum terkait proses tersebut. Rencananya pemilihan wabup akan dilaksanakan pada 10 Februari mendatang dalam rapat paripurna dewan. “Jadwal memang sudah kami susun. Namun resminya tentu sesuai dengan pembahasan di Badan Musyawarah (Bamus). Semoga tidak melenceng dari apa yang kami jadwalkan,” kata Ketua Pansus Hartoyo, Selasa (28/1).

Dia mengatakan prosesi pengisian wabup mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 tahun 2005. Diungkapkan pihaknya berkeinginan proses pengisian wabup bisa berjalan lancar tanpa kendala. Paling lambat awal Maret wabup definitif diharapkan segera dilantik. “Soal siapa cawabup yang diusung diserahkan kepada internal parpol dan fraksi,” ungkapnya.

Seperti diketahui jabatan Wabup Purbalingga kosong setelah Sukento Rido Marhaendrianto dilantik sebagai bupati. Jabatan bupati juga kosong setelah  Heru Sudjatmoko dilantik sebagai wagub Jateng periode 2013-2018. Sebelumnya Heru Sudjatmoko dan Sukento Ridho Marhaendrianto  menang Pilkada tahun 2010 diusung oleh PDIP bersama tiga parpol pendukung, masing-masing PAN, PKB dan PKS.

Saat ini sejumlah nama memang sempat muncul sebagai cawabup. Dari kader internal PDIP muncul nama Trisnanto Srihutomo (Anggota Dipercab),  H Tasdi SH MM (Ketua DPC PDIP) HR Bambang Irawan (Ketua PAC Bojongsari), HM Ichwan (Sekretaris DPC PDIP), Ambar Budi Yuwono (Bendahara DPC PDIP). Sedangkan dari eksternal muncul nama Imam Subijakto (Sekda), Ngudiarto (Kepala Dinsosnakertrans), Sidik Purwanto ( Mantan Kepala KPMPT).

Terkait dengan proses pengisian wabup, DPRD Purbalingga, Selasa (28/1) juga telah menggelar rapat paripurna untuk membentuk panitia pemilihan wabup. Dari hasil rapat ditetapkan Tongat (FPDIP) sebagai ketua panitia pemilihan wabup. Panitia tersebut akan bertugas mempersiapkan segala sesuatu terkait proses pemilihan wabup. “Nantinya di rapat paripurna akan diusulkan minimal dua nama untuk dipilih sebagai wabup. Untuk menentukan siapa yang dipilih bisa dilakukan msuyawarah mufakat atau pemungutan suara,’ tambah Hartoyo.(BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response