Minimalisir Golput , Siswa Ditugaskan Bikin Laporan Pelaksanaan Pemilu

Ditulis 27 Jan 2014 - 17:58 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
90
Dalam Tag

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com)   – Berbagai upaya dilakukan untuk meminimalisir jumlah golongan putih (golput) dikalangan pelajar sebagai pemilih pemula. Salah satunya, dilakukan oleh para guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Setiap siswa yang sudah memiliki hak pilih diberi tugas membuat laporan, terkait pelaksanaan pemilu di TPS masing-masing.

“Laporan yang dibuat berisi tentang lokasi TPS, jumlah pemilih, jumlah pemilih yang hadir, jumlah suara sah dan jumlah suara tidak sah,” tutur guru PPKn SMAN 1 Purbalingga, Rohmatiningsih kepada wartawan, disela-sela acara sosialisasi pemilu oleh KPU di kompleks gedung SMAN 2 Purbalingga, Senin (27/1).

Rohmatiningsih yang juga pengurus Musyawarh Guru Mata (MGMP) PPKn itu menambahkan, upaya mengurangi angka golput itu sudah dilakukan SMAN 1 Purbalingga saat Pilgub lalu. Cara itu terbukti efektif. Para siswa datang dan menggunakan hak pilihnya di TPS masing-masing.

Sosialisasi pemilu yang diikuti oleh MGMP PPKn itu berlangsung hangat. Tidak sedikit guru yang melempar pertanyaan terkait masalah teknis. Meliputi PNS yang hadir dalam acara sosialisasi yang dilakukan caleg, sampai masalah penghitungan suara yang sah dan tidak sah.

Divisi Sosialisasi KPUD Purbalingga, Mei Nurlela menegaskan, sebagai warganegara yang memiliki hak pilih, PNS diperbolehkan menghadiri sosialisasi caleg. Tapi dilarang ikut memobilisasi masyarakat, atau sebagai tim sukses yang mengkampanyekan salah satu caleg.

Mei Nurlela menyebutkan, jadwal kampanye dimulai Senin (27/1), tapi sebatas melalui Alat Peraga Kampanye (APK). Sedangkan kampanye melalui media massa cetak maupun elektronik akan dimulai 21 hari sebelum pelaksanaan pencoblosan 9 April 2014.
Sedangkan dari data terakhir yang dimiliki KPUD Purbalingga, jumlah penduduk yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) per hari ini sebanyak 719.290 orang. (BNC/tgr)

 

Tentang Penulis

Leave A Response