Gempa Kebumen Bakal Disusul Meletusnya Gunung Merapi?

Ditulis 25 Jan 2014 - 16:12 oleh Joko Pujakesuma

gunung merapi, gunung merapi meletus

BanyumasNews.com – Sebuah informasi menarik terkait gempa Kebumen didapat BanyumasNews.com. Menurut penuturan Maulana Tri Surya Candra, seorang pecinta alam senior di Yogyakarta, gempa yang terjadi di Kebumen tersebut mengindikasikan bahwa Gunung Merapi tak lama lagi bakal meletus.

Gunung Merapi yang terletak di utara provinsi DI Yogyakarta seolah tertidur setelah sempat meletus hebat di tahun 2010 lalu. Efek letusan empat tahun lalu masih dirasakan sejumlah warga yang tinggal di lereng gunung tersebut hingga kini.

Gempa Kebumen yang terjadi pada Sabtu (25/1) siang hendaknya membuat warga di DI Yogyakarta, khususnya masyarakat sekitar kaki Gunung Merapi, kembali waspada akan bencana letusan gunung yang dikeramatkan warga Yogyakarta tersebut.

“Merapi punya siklus empat tahunan, jadi kemungkinan besar tahun ini bakal meletus lagi,” ujar Candra ketika dihubungi BanyumasNews.com via handphone.

Eks ketua Vetpagama (himpunan pecinta alam di lingkup Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada) tersebut mengatakan gempa Kebumen bisa mengindikasikan bahwa pergerakan vulkanik sudah semakin dekat dengan Merapi.

“Sudah sampai Kebumen berarti. Merapi memang jadwalnya tahun ini,” katanya lagi.

Saat Gunung Merapi meletus pada 2010 lalu, gempa yang berakibat gelombang tsunami besar menghantam pesisir barat Pulau Sumatera. Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, yang terletak di Samudera Hindia menjadi daerah dengan kerusakan terparah akibat gelombang air laut setingi 2 meter.

Gempa Mentawai tercatat sebesar 7,7 SR, terjadi pada tanggal 25 Oktober 2010. Di hari yang sama Gunung Merapi mulai aktif mengeluarkan lava pijar disertai awan panas dan getaran-getaran seismik. Letusan Merapi saat itu menewaskan juru kunci Mbah Maridjan serta melenyapkan sebagian besar Cangkringan, kampung terdekat dari puncak Merapi.

Akankah gempa Kebumen disusul meletusnya Gunung Merapi?

Tentang Penulis

Leave A Response