Yukk …Coba Sruput Kopi Manggis Berkhasiat

Ditulis 24 Jan 2014 - 16:39 oleh Yit BNC
Kopi Manggis.

Kopi Manggis.

PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Buah manggis yang berwarna merah keunguan ini ternyata memiliki rasa yang nikmat sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai buah yang satu ini. Buah manggis yang banyak tumbuh subur di Indonesia ternyata banyak dijumpai juga di Desa Karangsari Kec.Karangmoncol. Desa Karangsari ini memang mulai terkenal sebagi sentra penghasil buah manggis di Purbalingga.

Menurut Rochmani,S.Sos. Kepala Desa Karangsari, pohon manggis di Desa Karangsari cukup banyak sehingga apabila diproduksi masal sangat memungkinkan. “ Saat ini kami sedang memacu para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna untuk mengembangkan kulit buah manggis ini untuk menjadi obat herbal” kata Rochmani,S.Sos., yang juga seorang pensiunan PNS di Pemda Purbalingga.

Kulit buah manggis yang mudah didapat di Desa karangsari ternyata menginspirasi Subhan, seorang pelopor pengrajin kulit manggis ini. “ Kulit manggis kami tumbuk halus sampai menjadi bubuk dan kami beri nama Kopi Manggis” kata Subhan.

Menurut Subhan penamaan  bubuk kulit manggis dengan nama Kopi Manggis ini ternyata sama sekali tidak ada kaitannya dengan bubuk kopi tai karena warnanya mirip dengan bubuk kopi saja. Kulit manggis ini ternyata banyak khasiatnya diantaranya adalah mengatasi kanker karena adanya kandungan senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker. Kopi Manggis ini sudah mulai diproduksi dalam jumlah banyak mulai awal Januari ini dan cukup mendapt respon dari masyarakat. “Kopi Manggis sangat prospek untuk dijadikan andalan Purbalingga dalam pengembangan produk lokal asli Purbalingga” kata Adi Purwanto, Kasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Dinperindagkop Purbalingga.

Menurut Adi Purwanto, hasil karya yang inovatif dan kreatif ini sangat layak untuk diproduksi masal karena ketersedian bahan baku  dan akan didorong untuk mengikuti berbagai even pameran dalam waktu dekat ini.  Kopi Manggis ini sangat cocok diseduh dengan air hangat dicampur gula nira atau gula pasir. (BNC/tgr)

Tentang Penulis

Leave A Response