Dihadang Cuaca Buruk, Heli TNI AD Mendarat Darurat di Kalimantan

Ditulis 23 Jan 2014 - 10:08 oleh Eko Nurhuda

DSCN6391BanyumasNews.com – Helikopter milik TNI AD yang membawa logistik bagi pasukan pengamanan perbatasan ke Kalimantan terpaksa mendarat darurat akibat cuaca buruk. Helikopter sedianya menuju ke Long Bawan, Kec. Krayan Induk, Kab. Nunukan, Kalimantan Timur. Namun hujan dan angin kencang memaksa pilot mendaratkan helinya di tengah perjalanan.

Helikopter jenis Bell 412 HA-5166 tersebut bertolak dari Bandara Juwata, Tarakan, pada Rabu (22/1) pukul 13.25 Wita. Helikopter mengangkut logistik beserta tujuh anggota Yonif 100/Raider dari Medan untuk ditugaskan di perbatasan Kaltim. Selain tujuh prajurit, dalam helikopter tersebut juga terdapat dua kru dan seorang pilot.

Dalam perjalanan, pilot helikopter Kapten Cpn Paul Simatupang sempat mengontak petugas tower Malinau dan mengabarkan helikopter bakal mendarat di Long Bawan pada pukul 14.33 Wita. Kontak tersebut terekam dilakukan pada pukul 13.33 Wita, saat pesawat berada di area antara Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan dengan Kecamatan Mentarang Kabupaten Malinau. Topografi di daerah tersebut terkenal sulit.

Hingga pukul 16.00 Wita helikopter tak juga terlihat. Setelah tak juga mendapat kabar hingga pukul 20.00 Wita, TNI AD menyatakan helikopter tersebut hilang kontak. Menurut estimasi, bahan bakar helikopter hanya cukup untuk mengudara selama tiga jam. Itu berarti terdapat dua kemungkinan, helikopter mendarat darurat atau mengalami musibah.

Kamis (23/1) pagi ini Puspen TNI AD mengeluarkan pernyataan yang menginformasikan helikopter mendarat darurat di Desa Long Sulit, Kec. Mentarang. Kapten Paul Simatupang memutuskan untuk mendaratkan heli karena cuaca sangat buruk dan tidak memungkinan bagi heli melanjutkan perjalanan sampai ke perbatasan. Hujan dan angin kencang menyelimuti Kalimantan bagian utara.

Seluruh kru dan tujuh prajurit Raider 100 Medan yang akan ditugaskan ke perbatasan Malaysia dalam keadaan selamat. Heli akan segera melanjutkan penerbangan jika kondisi cuaca sudah membaik.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response