West Bromwich Albion Ditinggal Sponsor Gara-gara Ulah Anelka

Ditulis 21 Jan 2014 - 12:22 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
158
Dalam Tag

Salam anti Yahudi Nicolas Anelka

BanyumasNews.com – Penyerang Prancis Nicolas Anelka membuat selebrasi kontroversial ketika mencetak gol ke gawang West Ham United di lanjutan Premier League Inggris akhir Desember lalu. Meski FA belum menjatuhi sanksi apapun terhadap striker West Bromwich Albion tersebut, namun klub sudah dipastikan merugi karena ditinggalkan sponsor.

Selebrasi gol Anelka yang dikenal sebagai salam quenelle di Prancis, ditengarai merupakan salam anti-Yahudi. Aktivis pro-Yahudi menyebutkan salam tersebut tak lain merupakan salut ala Nazi namun dalam versi terbalik. Intinya tetap sama, yakni kebencian terhadap Yahudi.

Anelka sendiri menolak dirinya disebut-sebut anti-Yahudi setelah melakukan selebrasi seperti itu. Salam quenelle tersebut ia maksudkan sebagai bentuk solidaritas terhadap komedian Dieudonne M’Bala yang merupakan rekannya. M’Bala dicekal oleh pemerintah Prancis karena pertunjukkannya dinilai menyebarkan kebencian terhadap ras semit. Salam quenelle sendiri awalnya dipopulerkan oleh M’Bala.

Ketika federasi sepak bola Inggris dan pengelola Liga Inggris masih melakukan penyelidikan terkait selebrasi Anelka, sponsor utama West Brom musim ini sudah memutuskan bakal menghentikan kerja sama.

Zoopla, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang properti, diketahui dimiliki oleh seorang keturunan Yahudi bernama Alex Chesterman. Pria inilah yang dikabarkan Guardian tidak senang melihat aksi Anelka sehingga berujung pemutusan kontrak kerja sama.

“Zoopla memikirkan ulang posisi mereka dalam beberapa pekan terakhir setelah insiden yang dibuat Nicolas Anelka pada laga melawan West Ham di periode Natal dan telah memutuskan untuk mengalihkan fokus mereka ke aktivitas pemasaran mereka ke tempat lain setelah musim ini,” demikian pernyataan resmi Zoopla seperti dikutip Guardian.

Zoopla adalah sponsor West Brom sejak dua musim lalu. Dengan terbitnya keputusan penghentian kerja sama ini, mulai musim depan manajemen WBA harus mencari sponsor baru.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response