Guyuran Hujan Deras 3 Hari 3 Malam Hancurkan Jalanan Pemalang

Ditulis 21 Jan 2014 - 06:05 oleh Eko Nurhuda
jalan pemalang rusak, jalan pemalang, pemalang

Salah satu titik di ruas Jl. Lingkar Selatan Pemalang yang tergenang air. (Foto: Eko/BNC)

PEMALANG (BanyumasNews.com) – Hujan deras yang mengguyur kota Pemalang sejak Jumat (17/1) lalu membuat jalanan di Pemalang rusak parah karena tergenang air. Beberapa ruas jalan yang semula mulus terlihat berlubang. Sedangkan jalanan berlubang semakin lebar kerusakannya.

Menurut pantauan BanyumasNews.com, Senin (20/1) sore lalu, jalan dengan kondisi terparah dialami Jl. Lingkar Selatan. Jalan ini merupakan jalan lingkar yang menjadi jalur utama bis-bis dan truk yang hendak menuju ke arah Jakarta dari Pekalongan.

Kerusakan di Jl. Lingkar Selatan mulai tampak saat kendaraan melewati pertigaan Pasar Beji. Tepat di pertigaan ini saja jalan sudah penuh lubang berisi air yang sangat membahayakan pengguna jalan. Lalu sekitar 200-300 meter ke arah selatan, kondisi jalan jauh lebih parah lagi.

Tepat di pemakaman Desa Taman hingga ke pemakaman Desa Banjardawa di selatan, jalanan penuh lubang-lubang besar. Di saat kering, pengendara sepeda motor dapat dengan mudah melewati lubang-lubang ini. Namun hujan berhari-hari membuat lubang-lubang tertutup air keruh sehingga menyulitkan pengendara lewat. Jalanan pun menjadi becek dan licin. Kalau tak ingin terpeleset, pengendara harus ekstra hati-hati.

Giline koyo sawah (jalannya seperti sawah),” ujar seorang pengendara yang sedang melintas pada BanyumasNews.com.

“Jalan ini tidak hujan saja susah dilewati, apalagi hujan begini. Lubang-lubangnya jadi tidak ketahuan karena tertutup air,” kata Wahyu, pengendara lainnya yang setiap hari melewati ruas jalan tersebut untuk bekerja.

Melewati pertigaan Ruko Banjardawa hingga ke sebelah barat SMK PGRI jalanan mulus tanpa kerusakan berarti. Namun kondisi jalan kembali rusak berat saat melintasi Desa Kaligelang. Selain lubang-lubang besar berisi air, terdapat pula endapan lumpur yang meluap dari saluran air di pinggir-pinggir jalan.

Warga berharap hujan segera berhenti agar kerusakan jalan tak semakin parah.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response