Komunitas Gay di Bangladesh Terbitkan Majalah Khusus Homoseksual

Ditulis 20 Jan 2014 - 20:25 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
135
Dalam Tag

majalah roopbaan, roopbaan, bangladeshBanyumasNews.com – Sebuah majalah khusus bagi kaum homoseksual diterbitkan di Bangladesh, Sabtu (18/1) lalu. Majalah yang diberi nama Roopbaan tersebut merupakan prakarsa komunitas gay di negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam. Majalah ini juga jadi majalah gay pertama di Bangladesh.

“Ini merupakan lompatan besar bagi kaum LGBT,” kata editor majalah Roopbaan, Rasel Ahmed, seperti dikutip AFP, Senin (20/1). LGBT adalah akronim dari lesbian, gay, bisexual dan transgender. Kelompok inilah yang menjadi target pembaca Roopbaan.

Ahmed menambahkan, majalah Roopbaan diterbitkan sebagai salah satu upaya menyerukan persamaan perlakuan terhadap kaum homoseksual. Selama ini kaum homoseksual di Bangladesh kerap mendapat perlakuan diskriminasi, tak jarang mereka juga menjadi sasaran tindak kekerasan.

Negara ikut berperan terhadap maraknya aksi diskriminasi dan kekerasan terhadap kaum homoseks di Bangladesh. Sebuah aturan yang berlaku di negara pecahan Pakistan-India ini menyebutkan bahwa warga negara yang kedapatan melakukan praktik seks sesama jenis akan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

“Kami harap majalah ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang komunitas kami dan menumbuhkan sikap toleransi sosial bagi kaum gay dan lesbian di sini,” kata Ahmed penuh harap.

Ahmed juga berharap sajian dalam Roopbaan bisa meningkatkan pemahaman publik terhadap kaum gay.

Acara peluncuran majalah Roopbaan dilakukan secara tertutup di Dhaka. Hanya para tamu undangan, anggota komunitas gay, serta aktivis HAM yang mendapat undangan yang boleh hadir. Edisi perdana Roopbaan terdiri atas 56 halaman. Untuk saat ini majalah tersebut dijual secara tertutup melalui telepon. Ahmed menjelaskan, hal ini untuk meminimalisir reaksi radikal dari orang-orang yang membenci kaum homoseks.

Nama Roopbaan sendiri disadur dari judul sebuah dongeng Benggala yang menceritakan seorang gadis cantik yang menikah dengan seorang pria biasa.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response