Puluhan Dalang Banyumas Gruduk Kantor Disbudpar

Ditulis 07 Des 2009 - 23:17 oleh Banyumas1
Para seniman dalang Banyumas saat beraksi (foto:tia/C)

Para seniman dalang Banyumas saat beraksi (foto:tia/BNC)

BANYUMAS-Aksi unjuk rasa biasanya tidak pernah lepas dengan poster atau spanduk. Namun demo yang dilakukan para dalang yang tergabung dalam Persatuan Dalang Indonesia (Pepadi) Banyumas yang dibawa adalah wayang. Yang menarik lagi, selain mengenakan pakaian dalang, mereka juga melakukan orasi dengan menggunakan wayang sebagai oratornya.

Itulah yang dilakukan pengurus Pepadi Daerah Banyumas.Mereka mendatangi kantor Disbudpar Banyumas dengan cara yang unik. Berpakaian dalang lengkap dengan asesoris serta membawa wayang yang biasa mereka gunakan untuk pentas.

Selama dalam perjalanan, mereka melakukan orasi dengan menggunakan wayang sebagai oratornya. Mereka menuntut janji bupati yang akan memberikan dana bantuan bagi pepadi sebesar 100 juta rupiah. Namun ternyata dana tersebut hingga akhir tahun 2009 belum juga turun. Padahal para pengurus ini sudah mengeluarkan dana sendiri untuk membiayai sejumlah kegiatan.

Dengan bahasa khas Banyumasan yang lugas dan terkesan kasar, mereka menyatakan akibat janji bupati yang tidak ditepati sejumlah agenda kegiatan tahunan terancam gagal.

Kedatangan para seniman pedalangan ini diterima Kepala Disbudpar, Muhammad Abdullah. Pemda ternyata hanya bisa memberikan dana sebesar Rp17 juta.Para dalang protes, sehingga suasana diskusi berlangsung tegang.

Merasa tuntutan mereka gagal, seniman wayang ini kemudian meninggalkan ruang rapat. Dalam perjalanan pulang, sejumlah seniman dalang kembali melakukan aksi kritikan keras dengan memainkan wayang. Mereka menganggap, pemerintah Kabupaten Banyumas tidak tanggap terhadap seni budaya, khusunya pedalangan (banyumasnews.com/tia)

Tentang Penulis

1 Komentar so far. Feel free to join this conversation.

  1. wilotix parakan deog 09/12/2009 pukul 10:29 -

    bupatine nglomboni, imangka dadi bebeding banyumas sing sepisan kue aja doyan dobol. janjine 100juta kedadiane 17juta janji mbe the korupsi. apamaning sing wis tela genah ana danane ? jajal kepriwe ?

Leave A Response