Banjir Pemalang, 2 Rumah di Sugihwaras Runtuh Diterjang Air

Ditulis 19 Jan 2014 - 15:45 oleh Eko Nurhuda

PEMALANG (BanyumasNews.com) – Air bah yang menghantam Kelurahan Sugihwaras, Kecamatan Pemalang, sejak Sabtu (18/1) pagi telah merendam sedikitnya 86 rumah warga. Tak hanya itu, dua rumah warga bahkan runtuh temboknya karena tak kuat menahan arus air.

Air mulai masuk ke pemukiman warga pada Sabtu (18/1) pagi, menyusul hujan selama dua hari berturut-turut yang mengguyur kawasan pantai utara Jawa. Hujan membuat air sungai Kalimalang dan Srengseng meluap.

Kelurahan Sugihwaras sendiri adalah daerah dataran rendah, hanya sekitar 3-4 km dari pantai dan merupakan hilir sejumlah sungai yang membelah Kabupaten Pemalang.

Ketinggian air yang merendam rumah warga bervariasi antara 50-60 cm, dengan area sekitar aliran sungai digenangi air lebih tinggi. Warga yang rumahnya tergenang air terpaksa mengungsi ke tempat pengungsian yang disiapkan perangkat desa. Ada dua tempat pengungsian bagi warga Sugihwaras, yakni di Balai Desa Sugihwaras dan SD Negeri 2 Sugihwaras.

Bupati Pemalang H. Junaedi SH MM yang mendengar laporan dari stafnya langsung melakukan kunjungan langsung ke lokasi banjir pada Sabtu (18/1) lalu. Dalam rombongan Bupati ikut serta Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Drs. Wismo, Kapolsek Pemalang AKP Utomo SH, Camat Pemalang Drs. Mukminun, Kabag Humas Nurkholes SH MSi, serta Lurah Sugihwaras Febri S.

“Kami sudah antisipasi dan turun langsung untuk evakuasi dan tanggap darurat kebutuhan dasar masyarakat yang harus dilakukan. Ini sudah menjadi komitmen pemerintah melayani masyarakat termasuk yang terkena banjir,” ujar Bupati kepada wartawan. (wws)

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response