Tebing Longsor di Kemranjen, Dua Rumah Tertimbun

Ditulis 07 Des 2009 - 23:06 oleh Banyumas1
Longsor di Desa Petarangan Kemranjen masih sisakan trauma warga (foto:tia/C)

Longsor di Desa Petarangan Kemranjen masih sisakan trauma warga (foto:tia/C)

BANYUMAS-Akibat diguyur hujan terus menerus sebuah tebing setinggi 40 meter di Desa Petarangan Kecamatan Kemranjen Banyumas longsor dan menimbun dua rumah. Beruntung penghuni rumah berhasil keluar beberapa menit sebelum tanah menimpa rumah mereka. Hingga senin malam puluhan kepala keluarga yang rumahnya berada di sekitar lokasi memilih mengungsi, karena khawatir terjadi longsor susulan.

Tebing itu Senin (07/12) siang longsor sepanjang 100 meter. Selain dua rumah yang rata dengan tanah/ puluhan rumah lainnya mengalami rusak ringan.

Menurut warga, peristiwa ini terjadi saat hujan turun deras di wilayah tersebut. Sebelumnya warga mendengar suara gemuruh dari atas bukit. Bersamaan dengan itu gelontoran tanah memporak porandakan pohon dan kemudian menimbun rumah milik Komari dan Sakimin yang berada paling dekat dengan tebing.

“Untungnya saya dan istri berlari ke bawah, sehingga kami selamat,” ujar Komari.

Untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, pemerintah desa setempat meminta seluruh warga yang rumahnya berada di sekitar lokasi longsor mengungsi ke tempat yang lebh aman. Karena hingga kemarin curah hujan di wilayah banyumas masih tinggi. Sehingga dikhawatirkan terjadi longsor susulan (banyumasnews.com/tia)

Tentang Penulis

Leave A Response