Antisipasi Banjir, Warga Pekalongan Buat Tanggul

banjir_sragi_pekalongan
(Foto: Furqon/Pekalongan Peduli)
PEKALONGAN (BanyumasNews.com) – Warga desa Purwodadi, Kec. Sragi, Kabupaten Pekalongan bergotong-royong membangung tanggul untuk mengantisipasi agar banjir tidak menggenangi kawasan perumahan warga.

Menurut informasi yang didapat BanyumasNews.com, warga dibantu para relawan dari komunitas Pekalongan Peduli sudah bergerak membuat tanggul sejak Sabtu (18/1) malam.

“Pembuatan tanggul sudah sejak tadi malam, kami menginap di sini bersama-sama warga, makan mi bareng,” ujar Abud Furqon, koordinator Pekalongan Peduli kepada BanyumasNews.com via sambungan telepon, Minggu (19/1) pagi.

Desa Purwodadi terletak di area persawahan dan tak jauh dari sungai. Sehingga jika air sungai meluap, luapan air dengan cepat akan menggenangi pemukiman warga. Untuk itulah relawan Pekalongan Peduli bergerak membantu warga membuat tanggul.

Sebagian desa sudah terendam air setinggi mata kaki hingga lutut orang dewasa. Relawan berkoordinasi dengan warga untuk membuat dapur umum dan tempat penampungan bagi warga yang rumahnya kebanjiran.

“Kami akan membuat dapur umum untuk warga. Kami ajak warga urunan untuk keperluan dapur, alhamdulillah respon warga sangat positif,” ujar Abud.

Hujan mengguyur kawasan Pantura sejak Jumat (17/1) sore, membuat sejumlah klawasan di Kabupaten Pekalongan terendam air. Kawasan pantai di Jeruksari paling parah, warga di empat desa kawasan tersebut terpaksa harus diungsikan karena terendam banjir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.