Presiden SBY Luncurkan Buku ‘Selalu Ada Pilihan’

Ditulis 17 Jan 2014 - 21:08 oleh Eko Nurhuda

buku sby selalu ada pilihan

JAKARTA (BanyumasNews.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meluncurkan buku karyanya yang berjudul Selalu Ada Pilihan di gedung Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (17/1) malam.

Sehari sebelumnya, Presiden SBY sudah memberikan bocoran mengenai isi buku tersebut melalui akun Facebook dan Twitter-nya.

“Ini satu-satunya buku yang saya tulis setelah hampir sembilan tahun jadi presiden,” demikian tulis SBY dalam status Facebook-nya pada Kamis (16/1) lalu.

Presiden juga menyatakan, buku tersebut mendorong warga negara Indonesia untuk berpikiran besar, menginspirasi khalayak banyak, serta ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Presiden menambahkan, buku setebal 824 halaman itu adalah wadah hak jawabnya sebagai presiden terkait kritik dan cemooh publik selama ia menjabat.

“Anggaplah buku ini hak jawab saya terhadap gunjingan, kritik, cemooh bahkan fitnah yang saya alami selama memimpin lebih dari sembilan tahun ini,” kata SBY via akun Twitter @SBYudhoyono.

Dalam siaran pers jelang acara peluncuran buku, Presiden menjelaskan buku Selalu Ada Pilihan ditulis sendiri olehnya. Di tengah jadwal super sibuknya, SBY memanfaatkan waktu senggang yang ada untuk menuliskan bagian demi bagian. Presiden kerap ‘mencicil’ buku tersebut usai salat Subuh, menjelang tidur, dan tak jarang dalam perjalanan dinas.

“Buku ini saya niatkan sebagai wahana untuk berbagi bukan untuk menggurui juga bukan untuk berteori,” kata Presiden SBY.

Kisah-kisah yang dituliskan Presiden SBY dalam buku ini adalah buah refleksi pemikirannya selama menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sejak 2004. Buku ini juga menghadirkan pandangan khas dan cerita tentang pilihan keputusan-keputusannya selama ini yang dibumbui latar belakang yang mendasari Presiden mengambil keputusan tersebut.

Dihadiri Pejabat Tinggi Negara
Acara launching sendiri dikonsep santai namun tetap serius. Tampak sejumlah pejabat tinggi negara hadir dalam acara. Di antaranya besan Presiden Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan beberapa pejabat tinggi lain.

Beberapa pejabat dan purnawirawan Kepolisian dan TNI juga ikut hadir. Beberapa yang terlihat adalah eks Kapolri Timur Pradopo dan eks Panglima TNI Agus Suhartono.

Tampak pula dalam deretan tamu dua mantan wakil presiden RI, yakni Jusuf Kalla yang merupakan partner Presiden SBY di periode pertama pemerintahannya, dan wapres era Presiden Soeharto, Tri Sutrisno.

Presiden SBY tiba di lokas acara bersama Ibu Ani Yudhoyono sekitar pukul 19.30 WIB. Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono terlihat ikut dalam rombongan Presiden.

Acara peluncuran buku Selalu Ada Pilihan dimulai pukul 20.00 WIB, diawali dengan lantunan tembang Elegi Esok Pagi dari musisi Ebiet G. Ade.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response