Tebing Amblas, Puluhan Rumah Terancam Longsor

Ditulis 06 Des 2009 - 19:48 oleh Banyumas1
Jalan amblas sepanjang 50 meter di Ajibarang (foto:mut/BNC)

Jalan amblas sepanjang 50 meter di Ajibarang (foto:mut/BNC)

BANYUMAS-Tebing yang berada dibawah Jalan alternatif menghubungkan Kecamatan Ajibarang dan Gumelar Banyumas yang sedang dalam perbaikan, Minggu (06/09) sore amblas. Selain menambah parah dan mengancam putusnya arus lalu lintas, tanah yang berada di sisi jalan ini longsor sepanjang 50 meter. Longsoran tanah yang berada dibawah pemukiman penduduk ini selain memporak porandakan tanaman, juga mengancam puluhan rumah yang tak jauh dari lokasi.

Pemantauan BanyumasNews.Com (BNC), jalan alternatif di Desa Kracak Kecamatan Ajibarang ini mengalami longsor akibat guyuran hujan. Beberapa waktu lalu juga mengalami kejadian serupa dan untuk mengantisipasinya dinas pekerjaan umum kemudian memperbaiki dengan cara membuar bronjong kawat.

Namun pada Minggu sore longsor kembali terjadi di jalan tersebut.

Kali ini tak hanya mengakibatkan amblesanya tanah di sisi badan jalan, namun longsor makin memanjang hingga memporakporandakan pohon di kebun milik warga.

Selain bisa berakibat putusnya jalan yang menjadi lalu lintas andalan di wilayah Banyumas barat ini, longsor juga mengancam puluhan rumah yang berada di atas pinggir jalan. Karena lokasi pemukiman dengan tanah yang longsor hanya berjarak lima meter.

Sejumlah warga yang rumahnya paling dekat dengan lokasi longsor, mulai Minggu petang memilih mengungsi ke rumah kerabat mereka yang aman. Karena curah hujan yang masih tinggi/ serta retakan tanah yang terus meluas. “ Kalau terus seperti ini ya bisa jadi kami akan mengungsi,” ujar Eko warga setempat.

Warga berharap agar pemerintah segera mengatasi kondisi jalan tersebut. Karena dikhawtirkan terjadi longsor susulan. Kondisi seperti itu sangat membahayakan bagi pemakai jalan dan pemukiman penduduk (banyumasnews.com/mut)

Tentang Penulis

Leave A Response