Griya UMKM Siap Jual Produk Lokal

Ditulis 14 Jan 2014 - 09:31 oleh Yit BNC
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
192
Dalam Tag

Griya UMKM2PURBALINGGA (BanyumasNews.Com) – Untuk menyemangati para pelaku UMKM di Purbalingga dalam menyambut tahun Produk Lokal Purbalingga, Bupati Sukento Rido Marhaendrianto berminat menjadi salah satu penjual produk-produk lokal Purbalingga.

Hal itu diungkapkan Bupati, saat melakukan peninjauan di lokaso Griya UMKM yang menempati eks Sanggar Pramuka di utara Pasar Segamas, Senin (13/1) siang.

“Saya ingin ada program Bupati Jualan. Coba dijadwalkan kapan saya bisa ikut menjual produk-produk UMKM Purbalingga,” ungkap Bupati yang disampaikan kepada jajaran Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) terdiri dari Kepala Dinas Drs Agus Winarno MSi, Kabid UKM Gatot Budi Raharjo SSos dan Kasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM Adi Purwanto.

Seperti diprogramkan, rencananya awal Pebruari nanti, Paguyuban UMKM Purbalingga akan melaksanakan kegiatan Gelar Produk Minggu Pagi di Alun Alun dan Stadion Guntur Darjono Purbalingga. Dalam kegiatan tersebut, Bupati ingin menjadi salah satu penjual beberapa produk local asli Purbalingga. Sekaligus membantu pemasaran produk-produk tersebut.

Menurut Adi, saat ini ada beberapa produk makanan asli Purbalingga yang masih dalam taraf uji coba dan akan dilounching pada Gelar Produk Minggu Pagi. Produk tersebut adalah gula rempah yang dihasilkan oleh kelompok UMKM “Maju Lestari” Desa Adiarsa Kecamatan Kertanegara.

“Saya ingin produk gula rempah ini menjadi salah satu produk untuk program Bupati Jualan.  Termasuk produk jamu Purbalingga,” pinta Bupati.

Menurut Adi, gula rempah ini terbuat dari 100% bahan alami seperti nira kelapa organic, jahe merah, kapulaga, akar alang-alang, akar pinang, sereh, pandan dan mrica. Selain cocok disajikan pada musim penghujan seperti sekarang, produk gula merah juga berkasiat untuk kesehatan. Bupati bahkan mengapresiasi, apabila gula rempah bias menjadi minuman resmi musim penghujan.

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini, Dinperindagkop Purbalingga tengah mempersiapkan lounching Griya UMKM sebagai salah satu tempat pemasaran produk-produk local sejumlah UMKM di Purbalingga. Rencananya Griya UMKM ini akan diluncurkan  awal Pebruari nanti.

Griya UMKM ini, memiliki fasilitas ruang Galeri UMKM yang akan diisi produk-produk dari Dekranasda dan produk unggulan Purbalingga. Kemudian ruang Aula untuk kegiatan Workshop Sapu dan Batik serta area kuliner di bagian luar gedung.
Griya UMKM juga dilengkapi fasilitas meeting room dan ruang operasional Purbalingga Cyber Market. (BNC/tgr)

 

Tentang Penulis

Leave A Response