Dengan Metode Baru, Kini Diagnosa Kanker Hanya Butuh Beberapa Jam

Ditulis 12 Jan 2014 - 19:25 oleh Eko Nurhuda
sel kanker

ilustrasi: sel kanker

BanyumasNews.com – Katakan selamat tinggal pada diagnosis kanker yang memakan waktu lama. Kini sebuah metode baru dalam mendiognosa kanker telah ditemukan. Dengan metode baru ini, tim medis hanya butuh waktu beberapa jam saja untuk mendeteksi kanker di tubuh pasien.

Sebelumnya, tes untuk mendiagnosa kanker membutuhkan waktu lama. Sampel jaringan tubuh pasien diambil untuk dianalisa oleh seorang spesialis. Proses ini tidak sebentar, sehingga menunda waktu pengobatan yang berisiko penyakit kanker pasien bertambah parah dan terlambat diobati.

Dengan metode baru yang dinamakan Mass Spectrometry Imaging (MIS), sampel jaringan penderita kanker tidak perlu dikirim kepada spesialis untuk diteliti. Metode temuan ilmuwan London ini memungkinkan sampel jaringan tubuh pasien untuk diperiksa menggunakan komputer.

Dalam komputer tersebut telah diinstal perangkat lunak yang dapat memindai ratusan komponen unsur kimia dalam jaringan manusia. Dengan demikian tim medis dapat langsung mengecek sampel jaringan tubuh pasien tanpa harus menggunakan jasa spesialis. Dengan demikian, penanganan pasien penderita kanker bisa lebih cepat.

“Temuan ini menawarkan kesempatan perubahan dalam rentang diagnosis, kecepatan, dan biaya, yang akan berdampak pada layanan patologi di masa depan dan meningkatkan keselamatan pasien,” ujar Professor Jeremy Nicholson, Kepala Departemen Bedah dan Kanker di Imperial College, London, yang memperkenalkan metode ini seperti dikutip Daily Mail.

Dr. Zoltan Takats, kolega Professor Nicholson di Imperial College, menambahkan, “Metode ini bebas dari pengaruh pengguna, karena bukan berdasar pengamatan spesialis, tetapi data numerik. Dan dalam satu tes saja, metode ini dapat memberi tahu informasi lebih banyak dari metode histologi yang dilakukan dalam beberapa pengujian.”

Penemuan ini sudah dipublikasikan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences. Para pengembangnya berharap temua mereka dapat bermanfaat dalam bidang pengembangan obat dan penyembuhan kanker.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response