Eks Perdana Menteri Israel Ariel Sharon Tutup Usia

Ditulis 12 Jan 2014 - 13:20 oleh Eko Nurhuda
|
Ariel Sharon, Israel

Ariel Sharon, meninggal dunia dalam usia 85 tahun setelah koma selama 8 tahun. (Foto: usatoday)

BanyumasNews.com – Ariel Sharon, eks perdana menteri negara Yahudi Israel meninggal dunia di RS Sheba, dekat kota Tel Aviv, pada Sabtu (11/1) lalu. Sharon tutup usia di angka 85 tahun.

Kabar kematian eks pemimpin kubu nasionalis sayap kanan politik Israel itu dikonfirmasi langsung oleh Presiden Israel Shimon Peres.

Sebelum meninggal, Sharon sempat mengalami stroke akut yang mengakibatkannya koma panjang selama delapan tahun sejak Januari 2996. Berbagai disfungsi organ vital membuatnya hanya bisa tergeletak di pembaringan dengan kondisi yang semakin memburuk.

Kamis (9/1) lalu pihak rumah sakit sudah menyebut usia Sharon hanya tinggal beberapa jam saja. Namun pria yang dijuluki Jagal dari Beirut ini masih mampu bertahan hingga dua hari berselang.

Karir politik Ariel Sharon dimulai dari Partai Likud. Ia terpilih sebagai perdana menteri Israel pada Februari 2001, hanya beberapa bulan setelah aksi kontroversialnya di kompleks Masjis al-Aqsha yang mengobarkan gerakan perlawanan dari warga Palestina dalam intifadah kedua.

Sharon adalah salah satu dari sedikit politisi Israel yang menginginkan Israel terpisah dari Palestina, bukan mencaplok Palestina ke dalam Israel. Meski demikian, ia merumuskan bahwa jika Israel dan Palestina terpisah, Israel mempunyai hak untuk menentukan garis batas wilayah kedua negara.

November 2005, perbedaan pandangan politik membuatnya meninggalkan Partai Likud dan membetuk partai baru yang dinamainya Kadima.

Meski pandangan politiknya tergolong lunak–dengan menginginkan Palestina menjadi negara terpisah dari Israel, Sharon tetaplah dikenang sebagai seorang penjahat di kalangan warga Palestina. Dosa terbesar Sharon adalah ketika pasukannya menyeberang perbatasan ke Lebanon untuk membantai para pengungsi Palestina di kamp pengungsian Sabra dan Shatila.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response