Mengaku Gay, Eks Pemain Timnas Jerman Ini Banjir Dukungan

Ditulis 12 Jan 2014 - 12:25 oleh Eko Nurhuda
|
Berita Kategori
Tak Berkategori
184
Dalam Tag
thomas hitzlsperger gay

Thomas Hitzlsperger, secara jujur mengakui jika ia seorang homoseksual. (Foto: http://www.tz.de)

BanyumasNews.com – Pesepak bola Jerman Thomas Hitzlsperger baru-baru ini mengakui kalau dirinya seorang penganut homoseksual. Pemain yang sempat membela timnas Jerman sebanyak 52 kali tersebut mengumumkan orientasi seksualnya di surat kabar Jerman Die Zeit.

“Aku mengatakan orientasi seksualku karena aku ingin diskusi tentang homoseksulitas di kalangan atlit profesional lebih berkembang,” ujar Hitzlsperger seperti dilansir BBC Sport.

Mantan pemain berusia 31 tahun ini menjadi satu-satunya pesepak bola top yang berani mempublikasikan orientasi seksualnya secara terbuka. Di Eropa sekali pun, masyarakat masih memandang rendah kaum homoseksual. Sehingga apa yang dilakukan Hitzlsperger bukanlah hal mudah.

Meski begitu, eks gelandang pujaan fan Aston Villa ini mengatakan inilah saat terbaik baginya untuk mengumumkan bahwa ia seorang gay. Ia tak mengatakan hal ini saat masih aktif bermain karena menjadi gay masih merupakan hal tabu di kalangan pesepak bola pria.

Banjir Dukungan
Keputusan Hitzlsperger ini langsung memancing simpati dari sesama pesepak bola pria. Eks punggawa timnas Inggris Gary Lineker mengucapkan selamat kepada kompatriotnya itu via akun Twitter.

Congratulations to Thomas Hitzlsperger on bravely being the first player to have played in the PL to ‘come out’,” demikian kicau Lineker di akun @GaryLineker.

Rekan senegara sekaligus seperjuangan Hitzlperger saat sama-sama membela Jerman di Piala Dunia 2006, Lukas Podolski, ikut menulis melalui akun ?@Podolski10. “Brave and right decision. Respect, Thomas Hitzlsperger. His outing is a important sign in our time,” ujar Podolski.

Aston Villa tak mau ketinggalan. Klub yang dibela Hitzlsperger selama lima musim itu turut memberi dukungan via akun Twitter resminya.

“Siapa pun yang mengenal Thomas sejak bermain di Villa akan menghargainya, tak cuma sebagai seorang pemain bagus tapi juga sebagai seorang manusia. Pernyataannya hari ini adalah sebuah pernyataan jujur, dan bersama dukungan dari kami sebagai klub kami harap setiap orang yang terlibat dalam sepak bola juga memberikan dukungan padanya,” demikian tulis Villa dalam dua tweet.

Bukan yang Pertama
Meski menghebohkan, tapi Hitzlsperger bukan pesepak bola pertama yang secara jujur mempublikasikan orientasi seksualnya sebagai seorang gay.

Pada 1990, eks pemain timnas Inggris junior Justin Fashanu adalah pesepak bola profesional pertama di Britania Raya yang secara terbuka mengakui status homoseksnya. Saat itu Fashanu juga melakukannya setelah pensiun, bahkan delapan tahun setelah pensiun.

Lalu pada tahun 2011 pesepak bola Swedia Anton Hysen juga mengakui dirinya seorang penganut homoseks. Anak eks pemain Liverpool Glenn Hysen ini menyatakannya dalam sebuah wawancara di majalah lokal.

Kejadian yang agak dekat terjadi pada Februari 2013, ketika eks pemain Leeds United asal Amerika Serikat, Robbie Rogers, mengumumkan secara terbuka bahwa ia adalah seorang gay.

Tentang Penulis

Eko Nurhuda, kontributor tetap BanyumasNews.com. Berdomisili di Pemalang, Jawa Tengah.

Leave A Response